test

News

Selasa, 5 Januari 2021 20:31 WIB

Kemendikbud Bakal Lanjutkan Subsidi Kuota Belajar di 2021

Editor: Hadi Ismanto

kuota gratis kemendikbud

PMJ NEWS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melanjutkan subsidi kuota untuk para guru, siswa, dosen dan mahasiswa pada tahun 2021.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Naim menyebut subsidi kuota berlanjut karena sebagian sekolah dan perguruan tinggi masih memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Tahun 2021 alokasi kuota internet masih akan dilanjutkan. Namun tentu akan berusaha untuk menempuh dengan cara lebih baik," ujar Ainun Naim dalam konferensi pers virtual, Selasa (5/1/2021).

Menurut Ainun, masyarakat sangat terbantu dengan adanya subsidi kuota. Dari respons tersebut, Kemendikbud akhirnya memutuskan untuk melanjutkan distribusi kuota akan tetapi dengan mekanisme yang sedikit berbeda.

"Sedang dirumuskan besaran dan cakupannya seperti apa. Karena ada perkembangan penyelesaian pandemi Covid-19, ini alternatif pelaksanaan pembelajaran dari rumah," tuturnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim telah mengupayakan anggaran sebesar Rp7,2 triliun untuk subsidi kuota dengan besaran mulai 35 gigabyte sampai 50 gigabyte pada September-Desember 2020.

BERITA TERKAIT