test

News

Senin, 4 Januari 2021 12:25 WIB

Ganjar Pranowo: Vaksinasi di Jateng Dimulai 14 Januari

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Mardiansyah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto ; PMJ/Net).

PMJ NEWS - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberi penjelasan terkait vaksinasi pertama yang akan dilakukan di Jawa Tengah setelah Vaksin Sinovac tiba di Indonesia. Ganjar mengatakan vaksinasi akan dimulai 14 Januari 2021 dengan penerima pertama adalah para tenaga medis.

"Ini tadi malam datangnya, sebanyak 62.560 dosis. Ini bertahap dan alhamdulillah sudah kita siapkan semuanya termasuk nanti sistem distribusinya ke daerah sampai ke penerima," kata Ganjar di Ngaliyan Kota Semarang, Senin (4/1/2021).

"14 Januari (mulai vaksinasi). Targetnya tahap pertama ini untuk nakes. Kami sudah menghitung total nakes sebanyak 177.784, kemudian tahap kedua nanti untuk pelayanan publik seperti TNI/Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, KA, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat sebanyak 1,1 juta. Setelah itu untuk masyarakat rentan pada tahap ketiga sebanyak 11,4 juta, dan tahap keempat untuk masyarakat umum lainnya 6,04 juta serta masyarakat lain termasuk pelaku ekonomi 4,5 juta," sambungnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah mendata penerima di masing-masing daerah. Kemudian kurang lebih sebanyak 35 Kabupaten/Kota sudah terhitung distribusi vaksin tahap awal ini.

"Sudah ada tabelnya dari 35 Kabupaten/Kota penerima vaksin ini. Terbanyak kalau saya lihat di Kota Semarang, kemudian Solo dan Banyumas. Itu yang rata-rata jumlahnya di atas 10.000 dosis," ucapnya.

"Istilahnya harus ada rantai dingin, mulai dari sini sampai ke Kabupaten/Kota, Puskesmas bahkan sampai ke orangnya harus menggunakan tempat khusus. Ini nggak boleh putus agar vaksinnya tidak rusak. Kami sudah siapkan pengelolaan dengan hati-hati sambil menunggu jadwal-jadwal kedatangan berikutnya," sambungnya.

BERITA TERKAIT