test

Suara Pemilu

Senin, 6 Januari 2020 11:27 WIB

Jelang Pilkada Kota Surabaya, PKS Siapkan Lima Kadernya

Editor: Ferro Maulana

Pilkada Serentak 2020 (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjagokan lima kadernya untuk bertarung di Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kota Surabaya 2020. Kelima orang tersebut telah diperkenalkan ke publik, Minggu kemarin.

Disampaikan Ketua DPD PKS Surabaya, Akhmad Suyanto bahwa kelima nama yang dijagokan ini muncul setelah mendapatkan suara terbanyak dalam Pemilihan Internal Raya (Pemira) PKS. Polling dilakukan dua kali pada tahun 2019.

"Nama-nama (kader PKS) ini diutus partai untuk melakukan sosialisasi-sosialisasi guna meningkatkan popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas," ungkap Akhmad Suyanto.

Akhmad menjelaskan, partainya kemungkinan besar akan berkoalisi dengan parpol lain. Pasalnya, PKS hanya memiliki lima kursi di DPRD Kota Surabaya. Karena itu, kelima bakal calon ini diberi tugas untuk menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya.

"PKS kursinya cuma 5, maka PKS harus menjalin komunikasi politik untuk memenuhi syarat minimal mengajukan pasangan calon sebanyak 10 kursi di tingkat DPRD Kota Surabaya," tuturnya.

DPD PKS Surabaya akan melihat sosialisasi dari kelima bakal calon ini hingga akhir Maret 2020. Selanjutnya, internal partai kembali melakukan survei terhadap lima kader ini. Setelah itu, baru ditentukan siapa yang akan diusung dalam Pilkada Kota Surabaya 2020.

Adapun Kelima nama tersebut, diantaranya Kabid Kepemudaan DPW PKS Jatim, Achmad Zakaria; Ketua Umum DPD PKS Surabaya, Akhmad Suyanto; Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jatim, Ahmad Jabir.

Selain dari internal partai, adapula nama kalangan legislatif seperti Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti dan Anggota DPR RI, Sigit Sosiantomo.

BERITA TERKAIT