Suara Pilkada

Kamis, 30 Januari 2020 13:00 WIB

Kapolri Identifikasi 19 Daerah Rawan Konflik Pilkada 2020

Editor: Ferro Maulana

Kapolri Jenderal Idham Azis saat memberi kata sambutan di Rapim Polri 2020. (Foto: PMJ/Gtg).

PMJ - Kapolri Jenderal Idham Azis menyebut pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 menjadi salah satu agenda prioritas dalam pengamanan tahun ini. Pasalnya, Polri mengidentifikasi setidaknya ada 19 daerah rawan terjadi konflik.

"Hal yang menjadi prioritas adalah pengamanan, karena pilkada ini dilaksanakan di 270 daerah," jelas Jenderal Idham Azis dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Polri di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Selain itu, Kapolri meminta kepada seluruh anggota kepolisan untuk mengawal kontestasi demokrasi pemelihan kepala daerah ini. Ia juga menginstruksikan agar jajarannya senantiasa menjaga netralitas.

Lebih lanjut Idham menyampaikan, agenda lain yang menjadi fokus Polri diantaranya event Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua dan pengamanan seluruh proses pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Hal-hal lain yang sudah kami bicarakan adalah pengamanan seluruh proses pembangunan yang dilakukan pemerintah," tandasnya.

Guna mendukung pengamanan pengamanan agenda pemerintah tersebut, kata Idham, Polri telah menyiapkan satuan tugas (satgas).

"Beberapa satgas untuk mendukung semua program ini misalnya satgas nusantara, satgas investasi, satgas pangan, satgas khusus pengamanan Papua dan itu semua kita bersama-sama," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT