test

Kesehatan

Sabtu, 28 November 2020 11:04 WIB

Studi: Pandemi Covid-19 Bisa Dikendalikan Jika 70 Persen Orang Pakai Masker

Editor: Hadi Ismanto

Studi terbaru mengungkap pakai masker tanpa jaga jarak tetap memungkinkan tertular Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru mengungkapkan apabila 70 persen orang menggunakan masker secara konsisten, maka pandemi Covid-19 dapat dikendalikan. Demikian menurut laporan penelitian yang diterbitkan di jurnal Physics of Fluids.

Seperti dilansir laman Times Now News, Sabtu (28/11/2020), studi ini membahas tentang penggunaan masker dan juga laporan epidemiologi mengenai dampak penggunaan masker terhadap penyebaran Covid-19.

Hasil studi menunjukkan bahwa masker dengan efikasi yang tinggi, seperti masker bedah, dapat membantu mengeradikasi pandemi. Syaratnya, masker harus dipakai dengan benar dan konsisten oleh minimal 70 persen masyarakat ketika berada di ruang publik.

"Bahkan masker kain dengan efisiensi yang lebih rendah juga dapat memperlambat penyebaran bila digunakan secara konsisten," jelas peneliti Sanjay Kumar dari National University of Singapore.

Penggunaan masker dapat membantu mencegah menyebarnya droplet yang keluar ketika seseorang berbicara, bernyanyi, bersin, batuk, dan bahkan bernapas. Ukuran droplet yang paling umum dikeluarkan adalah 5-10 mikron.

Sebagai perbandingan, rambut manusia memiliki diameter 70 mikron. Tim peneliti mengatakan droplet berukuran di bawah 5 mikron berpotensi lebih berbahaya.

Saat ini, ada tiga jenis masker yang paling umum digunakan antara lain masker kain, makser bedah, dan masker N95. Hanya masker N95 yang memiliki kemampuan untuk menyaring droplet berukuran aerosol.

Menurut studi, masker yang terbuat dari material polimer hibrida juga dapat menyaring partikel-partikel droplet dengan efisiensi yang tinggi. Selain itu, masker yang terbuat dari material ini juga dapat mendinginkan wajah.

BERITA TERKAIT