test

Kesehatan

Kamis, 26 November 2020 10:20 WIB

4 Cara Hentikan Kebiasaan Ngemil Sambil Nonton TV

Editor: Hadi Ismanto

Kebiasaan makan sambil nonton TV bisa naikkan berat badan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ - Makan atau ngemil sambil menonton televisi menjadi perilaku yang umum bagi kebanyakan orang saat ini. Kedua aktivtas ini biasanya dilakukan untuk menikmati waktu santai.

Namun aktivitas tersebut cenderung membuat seseorang makan berlebihan dan tentunya akan berdampak pada penambahan berat badan.

Seperti dilansir laman Time of India, Kamis (25/11/2020), berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

1. Yakinkan diri
Apabila Anda mencoba menurunkan berat badan, hentikan kebiasaan buruk ini (makan di depan televisi). Pindah ke meja makan dan nikmati makanan Anda dengan lebih damai dan penuh perhatian. Sejatinya hanya butuh waktu 15 menit untuk menyelesaikan makan.

2. Kurangi porsinya
Jika duduk dengan semangkuk besar popcorn atau wafer, Anda pasti akan menghabiskan semuanya. Pilih mangkuk kecil, makan camilan sebanyak itu dan usahakan untuk tidak mengisi ulang.

3. Minum air putih
Coba untuk mengekang keinginan Anda sebelumnya atau minum segelas air setiap kali Anda ingin mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kita sering mendambakan junk food saat haus. Meminum air dingin dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

4. Alihkan ke aktivitas lain
Lakukan pekerjaan lain, selain makan sambil menonton televisi. Anda bisa mengecat kuku atau mencoba pijat kaki untuk mengalihkan perhatian dan melepaskan diri dari ngemil.(Hdi)

BERITA TERKAIT