test

Kesehatan

Senin, 10 Agustus 2020 18:52 WIB

Banyak Khasiat, Buah Naga Cocok Dikonsumsi di Tengah Pandemi

Editor: Ferro Maulana

Buah naga. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Di balik rasanya yang enak dan harga terjangkau, buah dengan daging berbintik dan kulit bersisik halus ini nampaknya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Apalagi, saat di tengah pandemi Covid-19 ini, di mana kita membutuhkan makanan sehat untuk kekebalan tubuh serta kegunaan lainnya. Lalu, apa saja manfaatnya?

Ya, pertama, buah naga kaya dengan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Yaitu, molekul yang mampu menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

Pohon buah naga. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Kedua, buah Naga juga bebas lemak dan tinggi serat. Itu menjadi camilan yang baik lantaran bisa membantu membuat kamu kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Ketiga, buah ini juga dapat membantu menurunkan gula darah. Para peneliti mengatakan ini mungkin sebagian karena menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuh kamu memecah gula.

Namun penelitian ilmuwan tersebut dilakukan pada tikus, bukan manusia. Tidak jelas berapa banyak Buah Naga yang harus Anda makan untuk mendapatkan manfaat ini.

Keempat, buah naga juga mengandung prebiotik, yaitu makanan yang memberi makan bakteri sehat yang disebut probiotik di usus kamu. Mempunyai lebih banyak prebiotik dalam tubuh dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda. Secara khusus, Buah Naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria.

Di usus Anda, bakteri tersebut dan bakteri bermanfaat lainnya dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan. Itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Terakhir, buah Naga juga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh kamu. Ini dapat meningkatkan kadar zat besi kamu. Zat besi penting untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan memberi kamu energi. (DBS/ FER).

BERITA TERKAIT