test

Kesehatan

Rabu, 26 Februari 2020 09:03 WIB

5 Manfaat Biji Alpukat dan Cara Pengolahannya

Editor: Ferro Maulana

Buah alpukat. (Foto: Ilustrasi/ PMJ/ FIF)

PMJ - Hampir semua orang pernah makan alpukat. Buah ini kaya akan nutrisi dan mengandung lemak sehat. Selain daging buahnya, tidak banyak yang mengetahui jika biji alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020), berikut manfaat biji alpukat yang biasanya hanya dibuang begitu saja. Tapi ada baiknya kamu juga mengetahui cara mengonsumsinya dengan benar.

1. Membantu menurunkan kolesterol

Aktivitas antioksidan dari senyawa fenolik dalam tepung biji alpukat memiliki efek hipolipidemik dalam menurunkan kolesterol. Serat dalam biji alpukat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Dalam uji pada hewan, tepung biji alpukat terbukti mengurangi kolesterol total dan kolesterol jahat LDL. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

2. Mengontrol gula darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Malaysia, menunjukkan bahwa biji alpukat mengandung phytochemical bioaktif yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko diabetes.

Ekstrak biji alpukat dapat mengurangi kadar gula darah pada tikus diabetes. Satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa itu sama efektifnya dengan obat anti-diabetes. Penelitian pada manusia masih diperlukan.

3. Stabilkan tekanan darah

Ekstrak biji alpukat dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak biji alpukat dapat membantu mengendurkan pembuluh darah yang membantu menurunkan tekanan darah.

4. Sebagai antioksidan

Biji alpukat dikenal dengan manfat antioksidannya. Studi tabung reaksi pada ekstrak biji alpukat telah menunjukkan bahwa biji alpukat memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Biji alpukat mengandung fitokimia yang kuat. Sejumlah fitokimia dalam biji alpukat memiliki potensi antioksidan. Antioksidan pada tubuh bermanfaat untuk mencegah peradangan, penyakit kronis, serta kanker.

5. Cegah alzheimer

Sifat antioksidan dalam biji alpukat bermanfaat bagi kesehatan otak. Biji alpukat dipercaya pada pengobatan tradisional untuk mengobati dan mencegah alzheimer.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 'stres oksidatif' mungkin berperan dalam perubahan otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Antioksidan mampu mencegah radikal bebas yang menyebabkan alzheimer.

Cara mengonsumsi biji alpukat

Selain mengetahui banyak manfaatnya, penelitian ini sebagian besar menggunakan ekstrak biji alpukat olahan, bukan seluruh benih itu sendiri. Jadi penting untuk tidak sembarangan mengonsumsi biji alpukat.

Pengolahan biji alpukat perlu dikeringkan dalam oven pada suhu tinggi selama beberapa jam. Biji kemudian dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Bubuk ini yang dikemas dalam bentuk suplemen yang dijual bebas.

Karena masih belum diketahui kemanananya pada manusia, konsumsi biji alpukat ini tidak boleh berlebihan. Pada penelitian yang telah dilakukan, biji alpukat bisa berbahaya bagi tikus dalam dosis sangat tinggi. Saat ini, tidak ada cukup bukti untuk diyakinkan bahwa biji alpukat aman untuk dikonsumsi manusia. Pasalnya, penelitian yang dijalankan sejauh ini hanya dilakukan pada hewan.(Hdi)

BERITA TERKAIT