test

News

Rabu, 16 Oktober 2019 11:00 WIB

Pria Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa Tutup Usia

Editor: Redaksi

Alexey Leonov. (Foto: Dok Net).

PMJ – Pria pertama yang berjalan di luar angkasa Alexey Leonov menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 85 tahun di sebuah rumah sakit di kota Moskow, Rusia pada Jumat (11/10/2019) waktu setempat.

Kabar kematian Leonov langsung diumumkan oleh badan antariksa Rusia Roscosmos Space Corporation. Kematian pria yang dinobatkan sebagai pahlawan nasional tersebut juga dilaporkan karena sakit kronis yang dialaminya.

Untuk diketahui, Leonov merupakan pria yang memenangkan “perlombaan” luar angkasa antara Rusia dan Amerika Serikat, yang berhasil mengirimkan seorang manusia keluar bumi.

Pria tersebut keluar dari pesawatnya Vokshod 2 pada 18 Maret 1965 selama 12 menit di luar angkasa, untuk menguji kemampuan bergeraknya dan setelan pakaiannya.

Pencapaian pria Rusia tersebut baru dapat “dikejar” oleh Edward White dari Amerika Serikat dua bulan setelahnya, pada 3 Juni 1965 ketika White melakukan perjalanan di luar angkasa pada misi Gemini IV.

Selain itu, Leonov juga dikenal sebagai pria yang sangat lembut, dan sering membawa pensil berwarnanya ketika di luar angkasa untuk melukis dan menenangkan pikirannya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT