test

News

Selasa, 5 November 2019 11:51 WIB

Turki Tangkap Saudara Perempuan Pemimpin ISIS

Editor: Redaksi

Rasmiya Awad bersama suaminya. (Foto: Dok Net).

PMJ – Turki dilaporkan menangkap saudara perempuan dari pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi yang meninggal bulan lalu. Perempuan tersebut ditangkap bersama suami dan anaknya di kota Azaz, Suriah, Senin (04/11/2019) waktu setempat.

Dilansir Reuters, seorang wanita bernama Rasmiya Awad (65) telah ditangkap dalam sebuah operasi di kota Azaz. Kota Azaz tersebut merupakan salah satu kota perbatasan yang ada di wilayah Suriah, namun dikuasai oleh Turki.

"Kami berharap untuk mengumpulkan informasi intelijen yang berharga dari saudara perempuan Baghdadi soal cara kerja internal ISIS," demikian kata seorang pejabat senior Turki yang tidak menyebutkan namanya.

Menurut pejabat tersebut, Awad masih dalam proses konfirmasi identitas, terutama untuk mengetahui hubungannya lebih lanjut dengan al-Baghdadi.

Selain dirinya, suami dan menantu Awad juga telah ditangkap oleh pihak Turki dan kini juga masih di tengah dalam proses interogasi.

Untuk diketahui, Baghdadi sendiri telah tewas karena meledakkan diri setelah terpojok oleh militer AS pada sebuah operasinya. Kematiannya pun dibalas oleh ISIS pada Kamis (31/10/2019), yang bersumpah akan membalas dendamnya kepada AS.

Kursi pemimpin ISIS pun kini telah digantikan oleh Abu Ibrahim Al-Hashemi Al-Quraishi, yang juga sedang diselidiki identitasnya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT