test

News

Senin, 23 Desember 2019 13:03 WIB

H-3….Telah Terjadi 47 Kecelakaan Lalin, 23 Orang Tewas dan Puluhan Luka Berat

Editor: Ferro Maulana

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono (Dok PMJ News)

PMJ – Pihak kepolisian mencatat setidaknya pada tiga hari (atau H-3) menjelang perayaan Natal 2019, terjadi 47 kecelakaan lalu lintas. Dengan kondisi tersebut, kurang lebih 23 orang dinyatakan tewas.

Karopenmas Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono menjelaskan, dalam kecelakaan itu juga menyebabkan 60 orang luka berat dan 61 orang luka ringan dengan kerugian materi lebih dari Rp100 juta.

"Hampir 50 persen dampak kecelakaan lalu lintas mengakibatkan saudara kita meninggal. Ini menjadi warning bagi pengendara, bahwa dampak laka lantas yang terjadi cukup fatal hingga menghilangkan nyawa orang," terang Argo, saat dikonfirmasi, di Jakarta, Senin (23/12/2019)

Argo menambahkan, dari 47 kecelakaan tersebut, kendaraan yang paling banyak yakni motor sebanyak 52 unit. Selain itu terdapat 11 mobil pribadi, 6 bus, 19 mobil angkutan barang.

"Total kendaraan terdampak kecelakaan ada 104 unit kendaraan bermotor," lanjutnya.

Sedangkan, untuk menekan jumlah kecelakaan, Polri hingga ke Satuan Lantas jajaran kewilayahan melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar.

"Petugas menilang 3.315 pelanggaran dan memberi 3.509 teguran. Setidaknya dengan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas, kita berharap dapat meminimalisir jumlah kecelakaan dan dampak fatalitas kecelakaan," jelas Argo.

Selain  itu, Argo mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara.

"Pengendara berhati-hati, kendaraan sehat dan lengkap surat dan mematuhi rambu dan perintah petugas selama di jalan. Insya Allah liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat dinikmati bersama keluarga dan handai taulan," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT