test

News

Jumat, 24 Januari 2020 08:01 WIB

Simbol dan Makna Hewan Dalam Tahun Baru Imlek

Editor: Ferro Maulana

Perayaan Tahun Baru Imlek 2020. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ - Setiap Tahun Baru Imlek selalu diwakili oleh salah satu dari 12 hewan yang berbeda. Namun, hewan apakah yang akan menjadi simbol pada tahun 2020 ini?

Tahun Baru Imlek pada 2020 ini, jatuh besok Sabtu (25/01/2020). Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru Imlek dimulai ketika bulan baru terjadi antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

Sementara Zodiak Tiongkok berjalan dalam siklus 12 tahun , dengan setiap tahun diwakili oleh salah satu dari 12 hewan. Hewan-hewan tersebut antara lain, Tikus, Sapi, Naga, Ular, Kuda, Harimau, Kelinci, Domba, Ayam, Monyet, Anjing dan Babi.

Perayaan Tahun Baru Imlek 2020. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

Lalu hewan apa yang akan menjadi simbol pada Tahun Baru Imlek 2020?. Ucapkan selamat tinggal pada Tahun Babi karena pada tahun ini, hewan yang akan menjadi simbol yaitu Tikus.

Menurut kepercayaan Tionghoa, Tahun Tikus adalah tanda dari sebuah kekayaan. Namun, di sisi lain mereka yang lahir pada tahun tikus juga dianggap lebih rentan terhadap penyakit. Beberapa selebriti dunia yang lahir pada tahun tikus misalnya, Khloe Kardashian, Katty Perry, Pangeran Harry, dan Tekashi 6ix9ine.

Menurut bahasa Tiongkok ‘shU’ dapat merujuk pada tikus kecil atau tikus pengerat, di mana terdapat perdebatan mengenai orang harus menyebut tahun ini sebagai Year of the Mouse atau Year of the Rat.
Dalam illustrasi Tiongkok, hewan yang terlihat bisa seperti tikus kecil dan bisa seperti tikus pengerat, namun, dalam shio Tionghoa lebih umum mereka menggunakan kata Year of the Rat. (IZA/ FER).

BERITA TERKAIT