test

News

Rabu, 12 Februari 2020 13:20 WIB

Cegah Tanah Longsor, Polres Pemalang Tanam 10.000 Bibit Rumput Vetiver di Bukit Gambangan

Editor: Ferro Maulana

Polres Pemalang bersama TNI, Pemda dan elemen masyarakat melakukan penanaman pohon di Bukit Gambangan (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - Kegiatan bhakti sosial peduli lingkungan terus digerakkan oleh Polres Pemalang didukung oleh TNI, pemerintah daerah dan elemen masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi bencana alam dan sebagai wujud kecintaan pada alam untuk menjaga ekosistem dan menjaga kelestarian lingkungan baik di pesisir pantai, aliran sungai, maupun kawasan pegunungan di wilayah Kabupaten Pemalang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu disela-sela kegiatan penanaman 10.000 ribu batang rumput vetiver atau tanaman akar wangi di lahan rawan longsor yang berada di perbukitan Gambangan Dukuh Gondang Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang, Selasa (11/02/2020).

Dengan kompak, ratusan personil TNI-Polri bersama seluruh elemen pemerintah dan komponen masyarakat Kabupaten Pemalang menanam rumput vetiver yang diharapkan bermanfaat sebagai penahan potensi longsor di kawasan perbukitan Gambangan, Pemalang.

"Wilayah Pemalang bagian selatan ini merupakan daerah perbukitan yang rawan longsor, maka dari itu Polres Pemalang bersama TNI dan seluruh elemen pemerintah dan komponen masyarakat Kabupaten Pemalang berkerja sama menanam rumput vetiver sebagai penahan potensi longsor," kata Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu.

Polres Pemalang bersama TNI, Pemda dan elemen masyarakat melakukan penanaman pohon di Bukit Gambangan (Foto: Dok PMJ News)

Menurut AKBP Edy Suranta Sitepu, rumput vetiver merupakan rumput yang memiliki daya cengkeram kuat dalam mengikat tanah, sehingga dapat meminimalkan adanya longsor. "Rumput jenis vetiver dipilih karena memiliki akar serabut yang terbukti mampu menahan erosi pada tanah,” jelasnya.

Sebelumnya, Polres Pemalang telah melaksanakan berbagai kegiatan bhakti sosial peduli lingkungan diantaranya penanaman pohon secara serentak oleh seluruh Polsek di wilayah masing-masing. Penanaman 2.500 bibit pohon cemara laut di Pantai Widuri Pemalang dan penebaran 20.000 benih ikan air tawar di aliran sungai comal Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang.

Polres Pemalang bersama TNI, Pemda dan elemen masyarakat melakukan penanaman pohon di Bukit Gambangan (Foto: Dok PMJ News)

"Polres Pemalang akan menanam bibit pohon cemara laut di tepi pantai Kaliprau Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang pada bulan depan, semoga dapat bermanfaat untuk menangkal abrasi dan pemecah angin di pesisir pantai utara Kabupaten Pemalang," harapnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT