test

News

Senin, 24 Februari 2020 15:55 WIB

Mahathir Mohamad Mundur dari Jabatan PM Malaysia

Editor: Hadi Ismanto

PM Malaysia, Mahathir Mohamad. (Foto: Dok Net)

PMJ - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad telah mengajukan pengunduran diri pada Senin, 24 Februari 2020. Terkait hal ini, Kantor Perdana Menteri (PMO) pun membenarkan kabar tersebut.

Seperti dilansir laman Malaysia Kini, PMO menyatakan bahwa surat pengunduran diri Mahatir disampaikan ke Raja Malaysia Abdullah of Pahang, sekira pukul 13.00 waktu setempat.

Berdasarkan pernyataan salah satu sumber mengatakan, alasan pengunduran diri perdana menteri tertua di dunia itu disebabkan keinginan dirinya yang telah memantau situasi yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Sedangkan sumber lain, Mahatir mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Pakatan Harapan agar dia menjadi perdana menteri yang sah dari koalisi baru.

Sementara Sekretaris Jendral Partai, Lim Guan Eng menyebut pihaknya memuji langkah Mahatir karena menolak untuk bekerja dengan Umno (Organisasi Nasional Malaysia) dan terkejut mendengar keputusan Mahathir.

"Saya telah melihat Tun Mahatir pagi ini dikediamannya dan terkejut ketika dia memberi tahu saya tentang niatnya untuk mengundurkan diri," ujar Lim Guan Eng.

Dengan mundurnya Perdana Menteri Mahatir Mohammad ini, secara otomatis kabinet yang dibentuknya pun turut dibubarkan.(Iza/Hdi)

BERITA TERKAIT