test

News

Sabtu, 29 Februari 2020 15:03 WIB

Fakta Unik dan Istimewanya Seseorang Lahir 29 Februari

Editor: Ferro Maulana

Fakta unik tanggal 29 Februari yang hanya terjadi empat tahun sekali (Foto: Dok Net)

PMJ - Beberapa bayi lahir di tanggal 29 Februari 2020. Kelahiran hari ini tentu terbilang istimewa, karena akan hanya berulang empat tahun sekali atau biasa disebut Tahun Kabisat.

Banyak yang percaya jika tahun kabisat memiliki deretan keistimewaan karena hanya terjadi empat tahun sekali. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/2/2020), berikut fakta-fakta unik tentang tahun kabisat.

1. Sejarah

Tahun kabisat pertama kali diperkenalkan oleh seorang astronom bernama Sosigenes of Alexandria yang hidup di zaman kepemimpinan Julius Caesar pada masa Romawi, tepatnya tahun 1500 M.

Berdasarkan perhitungan Sosigenes, bumi membutuhkan waktu selama 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 45 detik untuk mengorbit mengelilingi matahari. Jadi untuk memudahkan perhitungan satu tahun dibulatkan sebagai 365 hari.

Kelebihan sekitar enam jam dalam setahun ini digabungkan di tahun keempat sebagai satu hari. Setelah melalui perhitungan panjang yang melibatkan tiga kaisar Romawi, satu Paus, dan belasan astronom ditetapkanlah perhitungan kalender masehi seperti saat ini.

2. Mereka Memiliki Nama Panggilan

Sebagian besar orang yang lahir pada Hari Kabisat yaitu 29 Februari, pada tahun yang dapat dibagi oleh 4 menyebut diri mereka kabisat. Mereka juga disebut sebagai bayi Leapers, Leapsters, dan Leap Day.

4. Sangat Jarang

Peluang dilahirkan pada tanggal 29 Februari adalah 1 banding 1.461 atau 0,068 persen. Itu membuat mereka benar-benar minoritas dengan hanya sekitar lima juta Leapling di seluruh dunia.

5. Keluarga Pemecah Rekor

Menurut GuinnessWorld Records, satu-satunya contoh diversifikasi dari keluarga yang menghasilkan tiga generasi berturut-turut yang lahir pada 29 Februari adalah milik Keoghs.

Peter Anthony Keogh lahir di Irlandia pada tahun 1940. Putranya, Peter Eric, lahir di Inggris pada hari kabisat tahun 1964 dan cucunya Bethany Wealth lahir di Inggris pada tahun 1996.

6. Terdapat Klub Tahun Kabisat The Honor Society of Leap Year Day Babies adalah klub untuk orang yang lahir pada 29 Februari. Lebih dari 11.000 orang di seluruh dunia adalah anggota. Tujuan adalah untuk meningkatkan kesadaran hari kabisat dan untuk membantu bayi kabisat berhubungan.(Hdi)

BERITA TERKAIT