test

News

Kamis, 2 April 2020 16:13 WIB

Kemensos Siapkan Bansos Bagi Warga Jakarta yang Tak Mudik Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Sosial Juliari P Batubara (Foto: Instagram/@kemensosri)

PMJ - Kementerian Sosial akan memberikan bantuan sosial (Bansos), khusus untuk warga DKI Jakarta yang tidak mudik ke kampung halaman saat libur Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, program bansos untuk warga DKI Jakarta merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Namun ia memastikan bantuan itu lebih dikhususkan untuk mereka yang terdampak virus corona.

"Pak presiden memberikan arahan kepada kami agar memikirkan suatu program khusus bagi daerah seperti DKI (Jakarta), yang intinya untuk mengurangi lonjakan arus mudik dari DKI ke daerah-daerah lain," jelas Juliari melalui video conference, Kamis (2/4/2020).

Kendati begitu, Julian menekankan arahan presiden agar bantuan sosial harus tepat sasaran. Pasalnya sudah banyak program bansis yang digelontorkan pemerintah.

"Intinya, kami diminta menghitung dengan cermat sehingga tidak tumpang tindih. Terutama yang terdampak paling parah seperti sektor informal supaya mendapatkan hak-haknya," tuturnya.

Terkait besaran bantuan, kata Julian, pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Sesuai arahan presiden, lanjut Juliari bansos untuk warga DKI Jakarta agar segera direalisasikan dalam waktu dua pekan ke depan.

"Bapak presiden juga tadi meminta kepada kami dalam dua Minggu bisa merealisasikan bantuan di DKI. Mengenai besaran dan mekanisme kami akan berkoordinasi dengan Menko Perekonomian, Mendagri, Menkeu, dan Menko Kemaritiman," tuturnya.

"Prinsipnya, kami bekerja keras memastikan agar arus mudik seminim mungkin dan juga yang tidak mudik bisa menjalankan kehidupan dengan normal," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT