test

News

Selasa, 7 April 2020 13:44 WIB

Begini Cara Mudah Dapatkan Token Gratis dari PLN

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Saat pandemik corona (atau Covid-19) yang melumpuhkan kegiatan sosial dan ekonomi dengan memberlakukan peraturan untuk berkerja dari rumah (work from home) dalam menghindari aktivitas umum, PT PLN Persero memberikan bantuan bagi para pelanggan listrik prabayar dan pascabayar masyarakat Indonesia.

Perusahaan penyedia listrik negara ini siap memberikan bantuan dengan memberi kemudahan bebas bayar (gratis) selama tiga bulan untuk pengguna daya listrik 450 VA serta diskon sebesar 50 persen bagi mereka yang memiliki daya listrik 90 VA.

PLN sendiri mengatakan bahwa pihak mereka telah mencatat sebanyak 8,5 juta pelanggan tetap mereka telah mendapatkan token listrik gratis. Bantuan ini akan diberikan secara bertahap dengan 2.5 juta pelanggan yang masih menunggu untuk mendapatkan token gratis mereka. Pembaruan ini akan terus dilakukan paling lambat hingga 11 April 2020.

Subsidi bantuan ini akan diberikan mulai pada bulan April, Mei sampai Juni 2020. Untuk mendapatkan bantuan ini, pelanggan cukup menyediakan nomor ID pelanggan dan memasukkannya ke dalam website resmi PLN https://layanan.pln.co.id/ atau juga menghubungi nomor WhatsApp yang disediakan di 08122-123-123.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan bahwa 8,5 juta pelanggan prabayar telah di input ke dalam data untuk mendapatkan token gratis maupun diskon.

Saat ini layanan utama PLN yaitu untuk cara untuk mendapatkan token tersebut yang diarahkan melalui situs resmi PLN”. Demi kenyamanan pelanggan, pihak PLN juga menambahkan kapasitas situs web resmi mereka hingga empat kali lipat lebih baik dari kondisi sebelumnya.

Subsidi PLN (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF)

Subsidi Listrik Gratis

Pernyataan dari Kementerian ESDM bahwa subsidi tarif listrik gratis tiga bulan ini hanya diperuntukan untuk 24 juta pelanggan dengan daya listrik 450 VA dalam kategori reguler pascabayar maupun juga prabayar.

Namun berdasarkan keterangan yang dikeluarkan dari Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, menegaskan mekanisme bantuan gratis ini tidak sama bagi 450 VA pascabayar dan prabayar.

Rida Mulyana memaparkan golongan pelanggan 450 VA kategori reguler dan pascabayar tetap dapat memakai daya mereka dengan gratis selama 3 bulan.

Sementara bagi para pelanggan 450 Va yang berada dalam kategori prabayar akan mendapatkan pembebasan listrik selama tiga bulan dengan memperoleh token gratis.

Ukuran besar token gratis akan setara dengan pemakaian tertinggi pelanggan dalam periode 3 bulan terakhir mereka mengingat masing- masing pelanggan mempunyai riwayat pemakaian yang berbeda pula.

PLN juga sudah memiliki data rekam pelanggan yang akurat sehingga pembagian bantuan akan tersalurkan dengan baik nantinya.

Diskon 50 Persen

Kemudian Rida Mulyana juga turut menerangkan mekanisme pembagian diskon sebesar 50 persen kepada pelanggan dengan daya listrik 900 VA yang mencapai jumlah 7 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Pemilik daya listrik 900 VA juga akan dibantu mengikut atau terbagi menurut cara bayar dan akan mendapatkan cara bayar yang sama dengan mereka yang pemilik daya listrik 450 VA.

Pelanggan listrik 900 VA pascabayar akan mendapatkan bantuan diskon 50 persen dari biaya pemakaian dan biaya beban per bulan mereka dan 900 VA prabayar akan memperoleh token listrik gratis sebanyak 50 persen dari pemakaian tertingginya dalam 3 bulan terakhir. Namun demikian , ternyata tidak semua pelanggan dari 900 VA bisa mendapatkan bantuan diskon tersebut.

Diskon tarif 50 persen hanya akan diberikan kepada mereka pelanggan 900 VA yang berada dalam golongan kurang mampu dan bukan para mereka yang berada dalam kategori keluarga mampu.

Bila kita mengikut peraturan tersebut tentu hanya sebagian saja dari pelanggan 900 VA yang akan mendapatkan bantuan diskon tersebut.

Ditambahkan lagi, 31 juta pengguna yang menerima keringanan bantuan adalah mereka yang memang telah menerima subsidi listrik yang berada pada kategori daya listrik 450 VA dan 950 VA dari keluarga tidak mampu.

Cara Isi Token Listrik Gratis dan Bantuan Diskon PLN

Untuk membantu para pelanggannya, PT PLN sendiri telah mengumumkan dan memberi tahu cara untuk mendapatkan bantuan keringanan biaya listrik khusus bagi pemilik daya 450 VA dan 900 VA yang bersubsidi.

Pihak PLN pun merilis keterangan resmi yang menyebutkan bantuan ini akan didapatkan langsung secara gratis bagi pelanggan daya 450 VA kategori pascabayar mulai April, Mei dan Juni 2020.

Dalam situs resminya PLN menuliskan “Untuk pelanggan (450 VA) prabayar dapat memperolehnya (tarif gratis) dengan mengirim nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN pln(dot)co(dot)id. Dengan ID itu, pelanggan akan mendapatkan token [gratis] senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir”.

Sedangkan, pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar dapat mendapatkan diskon tarif 50 persen mereka langsung secara otomatis pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

Nilai jumlah rekening dari total tagihan biaya listrik pemilik daya 900 VA bersubsidi dalam kategori pascabayar akan dikurangi secara otomatis pada setiap bulannya hingga Juni 2020.

Bagi pelanggan daya 900 VA bersubsidi yang jatuh dalam kategori prabayar, PLN akan memberikan token listrik dengan diskon 50% sesuai nilai total pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dapatkan Token Listrik Gratis dan Diskon 50 Persen Pelanggan

Patut kamu ketahui Token Listrik Gratis hanya diberikan bagi pelanggan dengan daya Listrik 450VA dan Diskon 50 persen diberikan kepada pelanggan dengan Daya Listrik 900 VA.

Berikut ini 2 cara untuk mendapatkan token listrik gratis bagi para pelanggan daya listrik 450 VA dan token diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA yang bersubsidi.

A. Melalui Situs Remsi PT PLN Persero

1.Buka website resmi PLN www.pln.co.id
2. Masuk ke dalam menu pelanggan yang langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19
3. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
4. Token gratis yang disediakan khusus menurut kategori pelanggan akan ditampilkan di layar.
5. Berikutnya pelanggan akan memasukkan Token Gratis tersebut ke dalam meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

B. Menggunakan Aplikasi WhatsApp

1.Nuka aplikasi WhatsApp
2. Simpan dan chat WhatsApp ke nomor 08122-123-123
3. Ikuti petunjuk berikutnya yang akan muncul di layar ponsel, seperti memasukkan ID Pelanggan
4. Setelah itu chat token gratis akan muncul
5. Pelanggan dapat memasukkan Token Gratis tersebut ke dalam meteran yang sesuai dengan IG Pelanggan.
6. Untuk mengetahui status, kategori dan golongan manakah kamu termasuk, kamu dapat mengecek status subsidi pada struk tagihan listrik.

Pelanggan yang berada dalam golongan 900 VA bisa mengetahui golongan subsidi atau nonsubsidi pada kertas struk tagihan atau token listrik yang mereka bayar sebelumnya.

Jika pelanggan yang memberi token listrik menemukan kode R1M tercantum pada struk mereka, maka pelanggan tersebut termasuk ke dalam golongan pelanggan nonsubsidi atau pelanggan dalam kategori mampu yang membuat mereka yang termasuk dalam kategori ini tidak akan mendapatkan bantuan listrik gratis maupun diskon 50 persen. (Foto: IST/ PLN/ FER)

BERITA TERKAIT