test

News

Selasa, 7 April 2020 17:29 WIB

Malam Ini, Fenomena Bulan Terbesar Akan Terlihat di Langit Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Fenomena lagit Supermoon akan terjadi malam ini (Foto: Instagram/@infobmkg)

PMJ - Fenomena bulan Purnama Perigee Supermoon atau supermoon akan terjadi pada 8 April 2020 dini hari, pukul 01.08 WIB. Bahkan, jika langit cerah, fenomena ini dapat dilihat sejak senja.

Hal tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Instagram resminya, Selasa (7/4/2020).

"Pada senja hari Selasa, 7 April 2020, arahkanlah pandangan Anda ke langit di arah Timur. Jika langit sedang cerah, akan terlihat bulatan Bulan yang ukurannya cukup besar dibandingkan biasanya," tulis BMKG.

"Ya, karena pada malam itu ia sedang menuju jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun ini," sambungnya.

Dalam unggahannya, BMKG juga menyampaikan bahwa semakin malam, Bulan akan semakin dekat dengan Bumi. Pada pukul 01.08 WIB, 8 April 2020, Bulan berada di perige dengan jarak 356.910 km dari Bumi.

"Pada saat tersebut, jari-jari Bulan yang tampak dari Bumi adalah sebesar 16,73 menit busur. Delapan jam 27 menit kemudian, Bulan pun berada pada fase purnama," jelas pernyataannya.

"Karena itu, pada malam tersebut, Bulannya disebut sebagai purnama perige atau dikenal juga sebagai supermoon," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT