test

News

Kamis, 9 April 2020 17:26 WIB

Peran Masyarakat Penting untuk Cegah Penularan COVID-19

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Foto: Dok Net)

PMJ - Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan virus corona, Achmad Yurianto menyebut saat ini donasi masyarakat untuk penanganan COVID-19 sudah mencapai Rp193 miliar.

"Hari ini sudah terhimpun lebih dari Rp193 miliar yang merupakan donasi dari semua kelompok masyarakat bahkan dari seluruh dunia," ungkap Yuri saat konferensi persnya seara virtual di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Dengan banyaknya jumlah dana yang terkumpul, kata Yuri, menjadi bukti kepedulian rakyat Indonesia dalam menangani COVID-19. Bahkan, ia menyebut pemerintah telah menyiapkan jaring pengaman bagi masyarakat yang terdampak.

Namun keseriusan pemerintah dalam menangani virus corona ini, lanjut Yuri, perlu dukungan masyarakat. Pasalnya, peran serta warga merupakan hal terpenting dalam memutus mata rantai COVID-19.

"Upaya pemerintah yang dilakukan tentunya akan sangat-sangat tergantung dari kepatuhan kita, kepatuhan masyarakat, sebagai ujung tombak dari penghentian rantai penularan COVID-19 ini," tandasnya.

Sebagai upaya memutus mata rantasi COVID-19, menurut Yuri, masyarakat harus tetap tinggal di rumah. Apabila terpaksa harus keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker

Tidak lupa, Yuri mengingatkan kembali agar orang-orang mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan menyentuh wajah, serta menjaga jarak fisik sekitar dua meter.

"Dari semuanya itu, risiko akan bisa kita kendalikan kalau kita lebih banyak berada di rumah. Kita lebih aman berada di rumah," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT