test

News

Selasa, 21 April 2020 11:45 WIB

Fix! Presiden Jokowi Resmi Larang Masyarakat untuk Mudik Lebaran 2020

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo. (Foto : PMJ/Instagram).

PMJ - Presiden RI Joko Widodo resmi memutuskan melarang masyarakat untuk mudik Hari Raya Idul Fitri 2020/ 1441 Hijriah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah pandemi virus corona (Covid-19). Yang mana, data terakhir menunjukkan kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 6.760.

"Pada hari ini, saya mengambil keputusan besar. Dalam rapat hari ini saya sampaikan bahwa mudik semuanya akan kita larang. Karena itu, persiapan mengenai semua ini harap dipersiapkan," tutur Jokowi melalui teleconference di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/04/2020).

Sebelumnya, kebijakan pemerintah untuk mudik Lebaran 2020 hanya sebatas mengimbau masyarakat tidak mudik saja. Tidak ada larangan secara resmi. Namun, Kepala Negara juga menyatakan tidak menutup peluang melarang mudik, sesuai evaluasi perkembangan di lapangan. Sikap presiden ini banyak dikritik karena dianggap tidak tegas.

Setelah banyak dikritik, hari ini Presiden Jokowi resmi menegaskan melarang mudik Lebaran 2020. Keputusan itu didasari terhadap data jumlah masyarakat yang ingin melakukan aktivitas mudik. Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, masih ada 27 persen masyarakat yang bersikeras mudik.

Berikut penjelasan lengkap Presiden Jokowi yang secara resmi melarang mudik bagi seluruh masyarakat:

“Saya ingin langsung saja dari hasil kajian-kajian yang ada di lapangan, pendalaman di lapangan, dari hasil survei Kementerian Perhubungan, disampaikan yang tidak mudik 68 persen, yang tetap bersikeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka sangat besar 24 persen lagi

Kedua, berkaitan dengan bansos. Bansos sudah mulai dilaksanakan kemarin, pembagian sembako untuk Jabodetabek, kartu pra kerja sudah berjalan, minggu ini bansos tunai juga dikerjakan.

Jadi dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan setelah larangan mudik ASN, TNI Polri, pegawai BUMN h kita lakukan pada minggu lalu. Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga mudik semuanya akan kita larang

Oleh sebab itu saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan. Saya kira demikian.” (FER).

BERITA TERKAIT