test

News

Rabu, 22 April 2020 19:27 WIB

Cegah Warga Mudik, 175 Ribu Petugas Gabungan Diterjunkan Dalam Operasi Ketupat 2020

Editor: Ferro Maulana

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra.(Foto : PMJ/IG DIV Humas Polri).

PMJ – Pihak kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat 2020 yang mana akan diselenggarakan lebih awal terkait kebijakan pemerintah yang melarang warga untuk melakukan mudik lebaran.

Larangan mudik tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan Operasi Ketupat akan digelar selama 37 hari sejak 24 April sampai 1 Juni 2020.

“Jadi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat melaksanakan Idul Fitri serta juga mencegah terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19,” demikian kata Asep di Mabes Polri, Rabu (22/04/2020).

Terkait hal tersebut, Kombes Asep menyebut pihaknya telah menyiapkan anggota sebanyak 175.000 personel yang terdiri dari TNI-Polri, Dinas Pehubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan stakeholder terkait di seluruh Indonesia guna mengamankan Operasi Ketupat 2020. Seluruh personel itu akan disebar dan akan menjaga seluruh perbatasan di 34 provinsi agar warganya tidak mudik.

Nantinya jika para pengendara yang kedapatan pergi mudik, masyarakat akan disuruh memutar balik kendaraannya. (FJR/ FER).

BERITA TERKAIT