test

News

Kamis, 23 April 2020 10:30 WIB

Kemenag: Sidang Isbat Digelar Sore Nanti

Editor: Hadi Ismanto

Kementerian Agama (Foto: Dok Net)

PMJ - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1441 Hijriah. Namun sebelum sidang masih menunggu pemantauan Rukyathul Hilal yang dilaksanakan di 82 titik seluruh Indonesia.

"Insya Allah hari ini, 23 April 2020 pukul 17.00 WIB, bertempat di Kantor Kemenag Jalan Thamrin. Sidang Isbat untuk menentukan posisi awal bulan Ramadhan 1441 H," ungkap Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi melalui siaran persnya, Kamis (23/4/2020).

Lebih lanjut Zainut menjelaskan, sidang isbat tersebut akan diikuti oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam hingga ahli astronomi.

Sidang isbat tahun ini, lanjut dia, akan dihadiri terbatas secara fisik. Mengingat masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk undangan lainnya akan mengikuti sidang isbat secara daring.

"Sidang Isbat dilakukan melalui virtual meeting atau online, mengingat masih diberlakukannya kebijakan PSBB dalam menanggulangi wabah COVID 19," tuturnya.

Adapun rangkaian dalam sidang isbat ini, pertama, penjelasan mengenai posisi hilal di akhir bulan Sya'ban oleh Lembaga Falakiyah Kemenag. Kedua, sidang isbat digelar secara tertutup setelah shalat Maghrib. Tamu undangan akan mendengarkan laporan tim rukyah.

Selanjutnya, ormas Islam dan tamu undangan lainnya berdiskusi bersama Kemenag untuk menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah. Setelah itu, Menteri Agama Fachrul Razi yang akan mengumumkan kepada masyarakat 1 Ramadhan 1441 Hijriah.

"Pengumuman hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama, didampingi oleh Wakil Menteri Agama, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ketua MUI, Dirjen Bimas Islam," tukasnya.

Pengumuman sidang isbat 1 Ramadhan 1441 Hijirah ini akan ditayangkan langsung secara online. Sehingga, masyarakat dapat langsung menyaksikannya.(Hdi)

BERITA TERKAIT