test

News

Senin, 18 Mei 2020 17:26 WIB

Soal Tagar Indonesia Terserah, Begini Harapan Ketua Gugus Tugas Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo (Foto: Dok Net)

PMJ - Tagar atau Hastag 'Indonesia Terserah' menjadi viral di media sosial. Jargon itu sebagai suara sindiran satir karena makin tak terkendalinya perilaku masyarakat yang justru berisiko akan bertambahnya angka positif virus

Menanggapi maraknya tagar ini, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo berharap para dokter dan tenaga kesehatan tidak kecewa terhadap penanganan kasus corona di tanah air.

"Video Indonesia Terserah, kita sangat tidak berharap kalangan dokter kecewa," ujar Doni dalam video conference, Senin (18/5/2020).

"Sejak awal kita kedepankan ujung tombak kita masyarakat. Kalau masyarakat terpapar sakit, dirawat di rumah sakit apalagi dalam jumlah yang banyak dan tempat perawatan penuh, maka yang sangat repot adalah dokter dan perawat," sambungnya.

Doni Monardo meminta semua pihak untuk melindungi tenaga kesehatan agar tidak kelelahan menangani pasien positif corona. Caranya, dengan mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan pemerintah.

Ia menambahkan, jumlah dokter Indonesia paling sedikit dibandingkan negara-negara lain. Untuk itu, masyarakat diminta untuk bekerja sama menekan angka penyebaran virus corona.

"Kalau kehilangan dokter adalah kerugian besar bagi bangsa, saling mengingatkan cegah, hindari, jangan sampai sakit. Segala ketentuan berbubungan protokol kesehatan, UU Nomor 6 tahun 2018 tentang Kedaruratan Kesehatan hendaknya dipatuhi," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT