test

News

Rabu, 20 Mei 2020 12:31 WIB

Harkitnas 2020 ke-112, Momentum Perkuat Jalinan Persatuan dan Kesatuan Anak Bangsa

Editor: Ferro Maulana

Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny Gerard Plate. (Foto: Dok Net/ IST)

PMJ - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-112 merupakan momentum memperkuat jalinan persatuan dan kesatuan seluruh anak bangsa. Dalam upaya bersama memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di berbagai wilayah.

"Harkitnas ini bukan hanya sebuah kegiatan rutin saja. Namun, mengandung teladan generasi masa depan. Membangun bergerak bersama menghadapi yang sedang di hadapi bangsa indonesia saat ini yakni Covid-19," terang Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny Gerard Plate, melalui siaran Upacara Virtual Harkitnas, pada Rabu (20/05/2020).

Peran seluruh masyarakat harus ikut bersama-sama dengan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing. Caranya yaitu, dengan selalu patuh pada aturan pemerintah yang telah diterbitkan dalam rangka penanganan virus itu dalam di berbagai sektor.

Antara lain, mematuhi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai kebijakan induk dalam melakukan pengendalian virus ini. Selanjutnya, protokol kesehatan yang diterbitkan sebagai pedoman utama dalam setiap kegiatan masyarakat di tengah pandemi.

"Pemerintah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan masyarakat menjalankan protokol kesehatan cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, melakukan pembatasan sosial, dan lain sebaginya," kata Jhonny.

Partisipasi masyarakat secara optimal saat ini diperlukan oleh pemerintah. Mengingat, seluruh pemangku kepentingan dari mulai pusat hingga daerah tengah berpacu dengan waktu mengendalikan penyebarannya. Semuanya bergerak bersama untuk meredam penyebaran virus sampai di tingkat wilayah yang paling terkecil.

Sampai pada wilayah terkecil yakni tingkat Rukun Tetangga (RT), maka diperlukan peran aktif dari masyarakat untuk melakukan pengendalian pada virus ini sesuai dengan aturan yang diterbitkan pemerintah. Adanya kerjasama yanhg apik antara seluruh kepentingan dari mulai pusat hingga RT, dipercaya Indonesia dapat melalui cobaan besar dari wabah ini.

"Ingin memastikan penerapan PSBB sebagai upaya bersama mencegah penularan semakin luas. Sekaligus juga memastikan kehidupan ekonomi dan sosial tetap berjalan ditempuh dengan takaran aturan yang berlaku," tandasnya. (Kominfo/ FER).

BERITA TERKAIT