test

Politik

Rabu, 6 November 2019 16:14 WIB

Wow, Uang Gede Untuk Pendidikan Rp 508 triliun

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. (foto: IG @Kemensetneg.RI)

PMJ,- Anggaran fantastis untuk pendidikan sebesar Rp 500 triliun digulirkan Presiden Jokowi lewat APBN 2020.

Jokowi pun berpesan saat membuka Rakornas LKPP di Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019), agar kementerian hingga Pemerintah Daerah berhati-hati dalam penggunaan dana besar itu.

“APBN 2020 kita telah menetapkan anggarannya, secara garis besar Rp 423 triliun untuk belanja infrastruktur, kemudian Rp 508 triliun untuk pendidikan dan Rp 132 triliun untuk kesehatan. Ini adalah duit semua, duit semua. Hati-hati dengan angka-angka sebesar ini. Belum bidang-bidang yang lainnya," katanya.

Kendati demikian, meski kebijakan alokasi anggaran berada di kewenangan kementerian/lembaga, namun LKPP dapat proaktif agar segera menggerakkan perekonomian.

Dirinya bercerita, masih jengkel terdapat proses tender yang masih berlangsung di bulan November 2019 yang nilai tender kontruksi lelang mencapai Rp 31,7 triliun.

"Lepas Agustus masih urusan lelang, gimana? Tapi kenyataannya masih banyak dan ini kita ulang terus kesalahan sepeerti ini. Akhirnya apa? Ya kualitasnya jelek. Jembatan ambruk, ya kayak gini November masih lelang, SD ambruk. karena kerja cepat-cepatan dan pas kerja pas basah, hujan," keluh Jokowi. (WS/02)

BERITA TERKAIT