test

News

Senin, 29 Juni 2020 16:07 WIB

Masih Zona Merah, 57 Daerah Jadi Prioritas Penanganan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (Foto: PMJ News/Youtube BNPB)

PMJ - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyebut akan memprioritaskan penanganan virus corona di 57 kabupaten dan kota yang masih menjadi daerah berisiko tinggi penularan (zona merah).

"Dari penekanan Bapak Presiden, ke depan gugus tugas dan gugus tugas tingkat provinsi untuk prioritaskan 57 kabupaten/kota yang masih risiko tinggi," ungkap Doni Monardo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Doni menjelaskan, pihaknya akan menambah jumlah personel TNI-Polri ke 57 kabupaten/kota zona merah untuk memitigasi terjadinya penularan lebih luas.

Selain itu, Gugus tugas di tingkat daerah juga diminta untuk melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, dan juga antropolog untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai bahaya Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan.

"Sehingga daerah-daerah itu memiliki karakteristik dan potensi apa yang bisa dilakukan agar kita semua bisa menekan laju penambahan kasus," tuturnya.

Doni menyatakan, jumlah wilayah berisiko tinggi atau zona merah COVID-19 sudah menurun drastis dalam sebulan terakhir. Per tanggal 1 Juni 2020, terdapat 108 kabupaten/kota yang merupakan zona merah. Kini jumlahnya menurun menjadi 57 kabupaten/kota.

"Zonaisasi ini sangat tergantung dari tingkat kepedulian bersama. Bila tidak dapat dukungan, bisa saja zona hijau dalam waktu yang tidak lama terjadi perubahan, ke kuning, bahkan yang kuning pun bisa ke oranye atau merah," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT