test

Politik

Senin, 11 November 2019 18:59 WIB

Jokowi Tegaskan Rencana Pemerintah Meningkatkan SDM

Editor: Lely

Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. (Foto: Dok Net)

PMJ – Dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para menteri akan rencana pemerintah memperkuat sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat ekspansi dan ekspor di sektor jasa.

Jokowi mengatakan, penguatan SDM ini juga untuk mendukung startup unicorn dan decacorn yang sudah melebarkan sayap ke luar negeri. "Saya minta penguatan SDM secara besar-besaran dalam memperkuat ekspansi dan ekspor di sektor jasa. Jangan lupa kita punya unicorn dan decacorn yang juga merambah ke luar negeri," terang Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Indonesia saat ini telah memiliki satu decacorn yakni Gojek dan empat unicorn yaitu Bukalapak, Tokopedia, OVO dan Traveloka. Gojek sudah melebarkan sayapnya ke Singapura, Vietnam dan Thailand, sementara Traveloka sudah masuk ke Asia Tenggara dan Australia.

Penguatan SDM memang menjadi program utama Jokowi yang salah satunya melalui Program kartu Pra Kerja. Ini merupakan program dalam bentuk pelatihan agar mereka yang baru lulus sekolah bisa disiapkan untuk menghadapi dunia kerja. (BHR)

BERITA TERKAIT