test

News

Kamis, 9 Juli 2020 19:01 WIB

Menteri BUMN Prediksi Ekonomi Nasional Pulih di Awal 2022

Editor: Hadi Ismanto

Menteri BUMN Erick Thohir . (foto: IG @erickthohir)

PMJ - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memprediksi ekonomi nasional baru bisa pulih pada awal kwartal pertama 2022. Ini merupakan dampak dari pandemi corona, sehingga melumpuhkan ekonomi dunia.

"Covid-19 ini tidak bisa terpisahkan dengan ekonomi. Bahwa ekonomi kita sampai akhir tahun ini recoverynya baru 40 sampai 60 persen. Tahun depan itu baru bisa 70 persen ke atas. Baru kuartal I-2022 bisa seperti 2019," ungkap Erick melalui Youtube Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Menurut Erick, pemulihan ekonomi juga tergantung pada bisnis yang dijalankan oleh pengusaha. Oleh karena itu, pengusaha diminta untuk mengikuti perubahan bisnis sesuai dengan keadaan saat ini.

"Tentu ini pun tergantung jenis bisnisnya. Dengan normal baru ini banyak dunia usaha pasti berubah pola bisnisnya, harus beradaptasi. Hal-hal ini yang harus kita sepakati selain kesehatan, ekonominya harus juga ditangani bersamaan," tuturnya.

Erick mengatakan, pihaknya kini terus berinovasi untuk mencari vaksin dan alat kesehatan. Bahkan sejumlah BUMN sudah mulai memproduksi alat kesehatan seperti PCR agar negara tak perlu mengimpor besar-besaran.

"Kita berusaha membantu, PCR menjadi buatan lokal. Alhamdulillah, kemarin sudah bisa 50.000 per minggu, 200.000 per bulan tetapi targetnya nanti 2 juta," tandasnya.

"Kita juga berusaha membantu inovatir lokal untuk menemukan alat kesehatan lokal seperti ventilator," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT