test

News

Kamis, 16 Juli 2020 21:05 WIB

BI: Ada Sentimen Positif Bagi Perekonomian Nasional RI pada Kuartal II

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 akan terkontraksi sampai minus empat persen. Pelemahan ekonomi itu tidak dapat terhindari akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan pertumbuhan ekonomi dalam kuartal II-2020 bakal terkontraksi. Tetapi, BI melihat adanya beberapa kemungkinan, yang bisa menjadi semacam angin segar bagi kontraksi ekonomi itu.

Ia menjelaskan, beberapa sentimen positif bagi perekonomian nasional RI kuartal II-2020 itu yaitu adanya perkembangan positif pada permintaan domestik.

"Hal yang tercermin dari peningkatan penjualan ritel secara bulanan, aktivitas manufaktur, ekspektasi konsumen, dan hal lain," tuturnya dalam teleconference, di Jakarta, Kamis (16/07/2020).

Dirinya juga menjelaskan sejumlah aktivitas ekonomi yang mulai menggeliat dan bangkit kembali sejak diterpa badai Covid-19. Yang mana, saat ini juga sudah mulai terlihat.

"Misalnya dalam data dari kegiatan ekspor pada bulan Juni 2020, yang menurutnya sudah mulai mengalami peningkatan kecil. Bila dibandingkan dengan kondisi di masa awal pandemi beberapa waktu lalu," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT