test

News

Senin, 20 Juli 2020 17:31 WIB

Raja Salman Jalani Perawatan Medis Akibat Radang Empedu

Editor: Hadi Ismanto

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit King Faisal di ibu kota Riyadh (Foto:PMJ News/Dok Net)

PMJ - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit King Faisal di ibu kota Riyadh. Menurut informasi menyebutkan raja berusia 84 tahun ini menderita peradangan kantung empedu.

"Raja Salman, hari ini, 29 Dzul Qaidah 1441 H bertepatan 20 Juli 2020 dirawat di Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal di Riyadh untuk menjalani sejumlah pemeriksaan karena terjadi peradangan kantung empedu," demikian pernyataan laman resmi Pengadilan Kerajaan.

"Semoga Allah melindungi Sang Penjaga Dua Masjid Suci dan memberinya keberkahan kesehatan dan kepulihan," sambung pernyataan tersebut, seperti dilansir laman Al Arabiya, Senin (20/7/2020).

Raja Salman telah memerintah Arab Saudi sejak 2015. Ia menghabiskan lebih dari 2,5 tahun sebagai putra mahkota dan wakil perdana menteri sebelum naik takhta menjadi raja. Selain itu, Salman juga pernah menjabat guberbur Riyadh lebih dari 48 tahun.

Saat ini, Arab Saudi telah menunjuk putra mahkota Mohammed bin Salman atau yang dikenal secara luas sebagai MBS. Dia telah meluncurkan reformasi untuk mengubah perekonomian kerajaan Saudi agar tidak selalu bergantung pada minyak.

Pangeran berusia 34 tahun itu sangat populer di kaum muda Saudi. MBS juga telah mengurangi pembatasan di kerajaan Saudi yang konservatif, termasuk memberikan hak-hak kepada perempuan.

Selain itu, dia berjanji untuk melakukan diversifikasi ekonomi. Keberanian MBS untuk melakukan reformasi disambukt baik oleh sejumlaha pihak. Namun kendali negara atas media membuatnya sulit mengukur tingkat antusiasme domestik.

Reformasi putra mahkota telah disertai dengan pembersihan bangsawan kerajaan dan pengusaha atas tuduhan korupsi. Namun, martabatnya kini dipertaruhkan setelah kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018.(Hdi)

BERITA TERKAIT