test

News

Rabu, 11 Maret 2020 10:39 WIB

Hoax Banget Pesan Berantai Raja Salman Meninggal Dunia

Editor: Fitriawan Ginting

Raja Salman saat melakukan aktivitasnya yang dirilis oleh Kerajaan Arab Saudi. (Foto : PMJ/Ist).

PMJ- Pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp dan juga media sosial sampai ke redaksi pmjnews.com. Kabar tersebut menuliskan tentang meninggalkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

“Innalilahi Wainna Ilaihi Rajiun. Telah meninggal Dunia Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud Semoga Almarhum diberikan tempat yang terbaik di Sisi Allah Yang Maha Kuasa. Amin Ya Rabbal Alamin….”bunyi pesan berantai tersebut.

Usai melakukan pengecekan atas informasi tersebut, kabar tersebut dipastikan hoax alias menyesatkan. Kerajaan Arab Saudi langsung memberikan informasi atau kabar bahwa Raja Salman dalam keadaan baik-baik saja.

Hoax Raja Salman Meninggal Dunia. (Foto: Ilustrasi/ PMJ News/ FIF).

Hal itu terlihat dari sejumlah foto sang raja sedang menjalankan tugas kerajaannya pada Minggu, 8 Maret 2020. Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mengunggah foto-foto Raja Salman yang memimpin upacara pelantikan Duta Besar Saudi yang baru diangkat ke Ukraina dan Uruguay.

Sumber yang dekat dengan kepemimpinan Arab Saudi mengatakan kepada AFP bahwa "raja itu sehat dan baik-baik saja," dikutip pada Rabu (11/3/2020).

Hoax meninggalnya Raja Salman dilaporkan terjadi setelah whistleblower Saudi dan aktivis Twitter Mujtahid mengatakan pada Sabtu, 7 Maret 2020 bahwa Raja Salman sudah mati atau di ambang pintu kematian. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT