test

News

Rabu, 2 September 2020 15:30 WIB

Indonesia Akan Terima 10 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari UEA

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin Covid-19 (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito menyebut Indonesia akan menerima 10 juta dosis vaksin Covid-19 dari Uni Emirat Arab (UEA).

"Uni Emirat Arab berkomitmen menyediakan 10 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia melalui kerjasama G42 UEA dengan Sinopharm dan Kimia Farma," ujar Penny saat konferensi pers daring seperti dilihat dari akun YouTube BNPB, Rabu (2/9/2020).

Penny mengatakan, pihaknya juga telah melihat langsung ke Uni Emirat Arab untuk mendapatkan data dan informasi lebih detail mengenai pelaksanaan uji klinis vaksin Corona di sana. Disebutkan ada 119 kebangsaan yang terlibat dalam uji klinis tersebut.

Kepala BPOM, Penny K Lukito (Foto: Dok Net)

"Kunjungan ini bertujuan khusus untuk memberikan dukungan langkah-langkah regulatori dalam rangka mengakselerasi akses vaksin Covid-19 dan mendapatkan informasi data terkait pelaksanaan uji yang saat ini tengah dalam proses fase 3," tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BPOM juga mengunjungi mengunjungi Vaccine Testing Center yang berlokasi di Abu Dhabi National Exhibition Center.

"Kami meninjau langsung pelaksanaan uji klinik vaksin Covid-19 di Vaccine Testing Center. Hal ini dilakukan untuk memastikan uji klinik tersebut dijalankan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan untuk mendukung data keamanan dan khasiat vaksin tersebut," terangnya.

Sebagai informasi, kandidat vaksin Sinopharm ini telah melewati uji klinis fase I dan fase II pada 12 April 2020 lalu. Berdasarkan dua fase uji klinis yang dilakukan, vaksin ini tidak menunjukkan adanya dampak yang buruk pada manusia.(Hdi)

BERITA TERKAIT