test

News

Kamis, 22 Oktober 2020 18:31 WIB

Imbau Tak Berpergian, Satgas Covid-19 Ajak Warga Bercocok Tanam

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (Foto: PMJ News/Youtube BNPB)

PMJ - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengajak agar masyarakat tidak berpergian saat libur panjang 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. Sebagai gantinya, ia menyarankan untuk melakukan aktivitas di rumah seperti menanam pohon.

"Saya mengajak masyarakat seluruh Indonesia selama liburan panjang melakukan aktivitas untuk lingkungan. Contohnya, mencari bibit pohon tertentu untuk ditanami," ungkap Doni Monardo seperti dilihat dari kanal YouTube BNPB, Kamis (22/10/2020).

Selain itu, lanjut Doni, warga bisa juga melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti kerja bakti di lingkungan rumah tinggalnya. Masyarakat bisa membersihkan saluran air atau gorong-gorong yang dapat mengurangi risiko dampak curah hujan yang tinggi.

"Kenapa? Karena kita menghadapi posisi mengalami fenomena La Nina. Kemudian pilihan kita menjalankan liburan di luar rumah, di alam terbuka tanpa mendapatkan informasi yang utuh atau yang lengkap tentang cuaca punya risiko yang tinggi," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Apalagi, jika mengunjungi wilayah masih termasuk zona merah atau oranye risiko penularan virus Corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M saat melakukan perjalanan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Keputusan untuk keluar rumah harus dipikirkan secara matang dan mempertimbangkan semua risiko yang ada," ujar Wiku dalam keterangannya.(Hdi)

BERITA TERKAIT