test

News

Rabu, 28 Oktober 2020 07:42 WIB

Memaknai Semangat Sumpah Pemuda, Bersatu dan Bangkit di Tengah Pandemi

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Kita semua berharap seluruh masyarakat terutama pemuda Indonesia tidak pasrah begitu saja menerima nasib. Dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-92 ini kita jadikan momen berharga ini untuk bersatu dan bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai pemuda tentunya tidak boleh berputus asa namun tetap harus semangat, kreatif dan inovatif walaupun banyak rintangan di tengah pandemi yang sedang melanda negeri tercinta.

Sekarang, kita sebagai pemuda pemudi harus tetap menjaga semangat perjuangan yang dilakukan oleh para pemuda di era kemerdekaan.

Maka, diharapkan pada masa pandemi Covid-19 ini semangat perjuangan tetap ada dari para pemuda, jangan sia-sia kan perjuangan pemuda di era kemerdekaan dengan memberi contoh buruk untuk generasi penerus.

Semangat Sumpah Pemuda. (Foto: PMJ News/ Infografis/ Fif).

Sebagai bagian dari pemuda kita harus memberi contoh yang baik dalam kondisi seperti sekarang dengan taat menerapkan protokol kesehatan, pemuda harus jadi pelopor dan barisan terdepan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hari Bersejarah

Kita memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hari istimewa serta bersejarah di mana beberapa pemuda serta pemudi menggelorakan semangat untuk mendapatkan kemerdekaan tahun 1928.

Sumpah Pemuda merupakan satu gerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh beberapa pemuda-pemudi Indonesia dengan mengatakan janji satu tanah air, satu bangsa, serta satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut menghidupkan semangat rakyat Indonesia, terutama beberapa anak muda untuk memperjelas kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda sendiri memiliki narasi riwayat serta arah yang keramat bagi bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda sebuah kemauan serta semangat beberapa pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing.

Dalam isi Sumpah Pemuda ada mengandung arti yang dalam buat bangsa Indonesia. Karena itu pentingnya setiap masyarakat Indonesia mengenali arti Sumpah Pemuda.

Jadikan Satu Perjuangan Bangsa

Arti Sumpah Pemuda buat bangsa Indonesia yang pertama yakni menjadikan satu perjuangan bangsa Indonesia. Lahirnya Sumpah Pemuda jadi titik awal perjuangan beberapa anak muda.

Ketika itu, pemuda serta pemudi figur Sumpah Pemuda sudah mempertaruhkan waktu, tenaga, pemikiran kepribadian serta harta benda untuk menjadikan satu bangsa Indonesia.

Tanpa ada arti Sumpah Pemuda dan perjuangan pemuda serta pemudi saat itu, mungkin Indonesia tidak mencapai kesatuan untuk menantang penjajah negeri. Beberapa pemuda pemudi dapat dibuktikan sukses menjadikan satu kesatuan Indonesia.

Semangat membara beberapa anak muda yang mencetuskan Sumpah Pemuda waktu itu dapat meningkatkan energi positif beberapa generasi penerusnya.

Selain itu, semangat dalam isi Sumpah Pemuda menjadi contoh buat generasi muda saat ini untuk ambil langkah serta melakukan suatu hal buat bangsa Indonesia.

Berikutnya memaknai Sumpah Pemuda dengan dalam dapat juga menumbuhkan semangat juang dalam mendapatkan satu arah.

Semangat terus berkobar sekalinya banyak halangan sama seperti yang dilaksanakan generasi sebelumnya.

Menumbuhkan kebanggaan untuk bangsa Indonesia

Waktu Sumpah Pemuda diikrarkan, terlihat jelas kebanggaan dari beberapa pemuda dalam tiap kalimat isi Sumpah Pemuda. Jadi, seharusnya bagi generasi muda untuk bangga serta menyukai Tanah Air.

Terlebih lagi, Indonesia diketahui untuk negara yang kaya serta mempunyai bermacam budaya. Kekayaan serta keberagaman itu pasti harus dilestarikan beberapa generasi muda. (Fer).

BERITA TERKAIT