test

News

Selasa, 10 November 2020 14:23 WIB

Polri Bangga Kapolri Pertama Jenderal R.S Soekanto Jadi Pahlawan Nasional

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada R.S Soekanto Tjokroditmojo. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh. Penganugerahan ini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2020.

Di antara keenam tokoh yang menerima gelar kepahlawanan, salah satunya adalah Jenderal R.S Soekanto Tjokrodiatmodjo. Soekanto merupakan Kapolri pertama yang diakui sebagai peletak dasar struktur, watak, dan falsafah kepolisian Indonesia. yang merupakan Kapolri pertama.

"Polri beserta keluarga besar merasa bangga akan dianugerahinya Jenderal Polisi R.S Sukanto menjadi pahlawan nasional," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono dalam keterangannya, Selasa (10/11/2020).

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono (Foto: PMJ News/Istimewa)

Lebih lanjut Argo mengatakan, pemikiran dan tindakan Jenderal Soekanto menjadi pondasi Kepolisian Nasional yang dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat. Terlebih di tengah ancaman terhadap integritas Indonesia di masa revolusi.

"R.S. Soekanto meletakkan fundamen struktur, watak, falsafah sebagai bangunan Kepolisian Nasional yang dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat di tengah ancaman terhadap integritas RI di masa revolusi, perang, dan pergolakan internal dalam negeri merupakan remembered history," tuturnya.

Menurut Argo, Jenderal R.S Soekanto merupakan bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Keberadaannya semasa hidup, lanjut dia, terlihat dari keaktifannya berdialog dengan lingkungan sekitar.

"Kehadirannya telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Keberadaan R.S Soekanto sebagai tokoh bangsa ini, tampak jelas dari pergumulannya dengan lingkungan diri dan dialognya dengan sejarah," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT