test

Politik

Jumat, 3 April 2020 13:04 WIB

Begini Mekanisme Bantuan untuk Masyarakat yang Terdampak Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Pemerintah RI menggelontorkan beragam bantuan sosial bagi masyarakat dalam menghadapi masa sulit akibat pandemi virus corona.

Bantuan itu di antaranya diberikan dalam bentuk bantuan tunai melalui peningkatan program keluarga harapan (PKH) dan kartu prakerja yang akan dicairkan mulai bulan depan.

Presiden Joko Widodo memaparkan, bahwa jumlah keluarga penerima PKH bakal ditingkatkan dari 9,2 juta menjadi 10 juta. Besaran manfaat PKH pun bakal dinaikkan sebesar 25 persen.

Kepala Negara pun memberikan contoh, dana untuk komponen ibu hamil dalam PKH siap naik dari Rp2,4 juta menjadi Rp3,4 juta per tahun. Kemudian berbagai komponen dana untuk anak usia dini dinaikkan menjadi Rp3 juta per tahun dan disabilitas menjadi Rp2,4 juta per tahun.

“Kebijakan ini efektif mulai April 2020,” tutur Jokow belum lama ini.

Selain PKH, pemerintah menaikkan jumlah penerima Kartu Sembako dari 12,5 juta menjadi 20 juta.

Nilainya pun dinaikkan 30% dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu. Sebagaimana PKH, kenaikan penerima dan nilai Kartu Sembako bakal berlaku pada 1 April 2020. “Ini akan diberikan selama sembilan bulan,” lanjut Jokowi.

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari Batubara mengungkapkan setelah dengan apa yang sudah diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo mengenai paket stimulus Rp405 trilliun yang akan diluncurkan oleh pemerintah dalam menghadapi wabah virus corona.

Dari paket stimulus tersebut, aka nada paket-paket bantuan sosial reguler seperti sembako dan juga keluarga harapan (PKH). Untuk PKH, Kemensos normalnya akan mencairkan dalam tiga bulan.

Jadi, dalam setahun ada empat kali pencairan. Namun, karena kondisi istimewa, maka pencairan PKH akan dilakukan setiap bulan. Tujuan penyaluran bantuan sosial ini adalah mengurangi beban pengeluaran keluarga.

Untuk program sembako tetap akan didistibusikan pencairannya setiap bulan. Angkanya mungkin tidak cukup. Tetapi, pemerintah akan meluncurkan program-program bantuan lain. (Foto: IST/ FER)

BERITA TERKAIT