test

Figur

Rabu, 14 Oktober 2020 12:17 WIB

Kapolri Mutasi 229 Perwira Tinggi dan Perwira Menengah

Editor: Ferro Maulana

Kapolri Jenderal Idham Azis dalam sebuah kesempatan. (Foto: PMJ News)

PMJ - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis siap memutasi 229 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen). Mutasi itu tercantum dalam dalam tiga surat telegram yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Sutrisno Hermawan pada Selasa (13/10/2020) kemarin. Tiga surat telegram tersebut bernomor ST/2933/X/KEP./2020, ST/2934/X/KEP./2020, dan ST/2935/X/KEP./2020.

Rinciannya yaitu, tiga Irjen Pol dan enam Brigjen Pol. Kemudian, 68 perwira menengah berpangkat Kombes Pol dan AKBP. Selanjutnya, 103 Perwira menengah dari wilayah Aceh hingga Papua. Dan, sisanya perwira di bawahnya setingkatnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan mutasi Pati dan Pamen Polri itu. Argo menjelaskan, mutasi itu biasa dilakukan di dalam tubuh Polri. Selain untuk penyegaran organisasi, mutasi juga dilakukan mendekati masa pensiun beberapa perwira.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat berikan keterangan. (Foto : PMJ/Dok Polri).

"Ya benar (Penerbitan Telegram, red). Penyegaran organisasi dan ada yang mendekati masa pensiun," ungkap Argo, di Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Tiga Irjen Pol

Tiga Irjen yang dimutasi dari jabatannya yaitu Irjen Widyanto Poesoko yang semula ditempatkan di Kemenkopolhukam, sekarang ditarik kembali menjadi Analis Kebijakan Utama Baintelkam Polri.

Berikutnya Irjen Pol Indra Miza yang semula ditugaskan di Wantannas, saat ini dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Selanjutnya, Brigjen Pol Tatang yang semula Penyidik Tindak Pidana Utama Bareskrim Polri dan dipindahkan untuk bertugas di SKK Migas.

Enam Brigjen Pol

Lalu, terdapat enam Brigjen yang dimutasi Kapolri. Antara lain, Brigjen Dul Alim yang semula menjabat sebagai Wakapolda Jambi, kini ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Kemudian, Kapolri juga merotasi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso yang semula merupakan Karopsi SSDM Polri, sekarang, diangkat menjadi Wakapolda Jambi menggantikan Dul Alim.

Berikutnya, Brigjen Pol Hartono yang merupakan Psikolog Kepolisian Utama SSDM Polri, kini diangkat menjadi Karopsi SSDM Polri. Selanjutnya, Brigjen Pol Zainal Arifin yang merupakan penyidik tindak pidana utama Bareskrim Polri, dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kemudian, Brigjen Yadi Suryadinata yang dimutasi dari posisinya sebagai Wakapolda Sulawesi Utara menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Ekonomi Baintelkam Polri. Terakhir, Brigjen Rudi Darmoko yang semula merupakan Dirprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri, kini diangkat menjadi Wakapolda Sulut.

Mutasi Kapolres

Dalam mutasi kali ini, Kapolri merotasi sejumlah Kapolres. Salah satunya Kapolres Mempawah Polda Kalbar, AKBP Tulus Sinaga yang dimutasi menjadi Wadirreskrimum Polda Sumsel.

Posisinya akan digantikan AKBP Fauzan Sukmawansyah yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditreskrimum Polda Kalbar. Kemudian, ada nama Kapolres Cimahi Polda Jabar, AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf dimutasi menjadi Kabagbinops Roops Polda Jabar.

Posisinya akan digantikan AKBP Indra Setiawan yang sebelumnya menjabat Kapolres Purwakarta, Polda Jabar. Posisi Indra akan digantikan AKBP Ali Wardana yang sebelumnya menjabat Kapolres Kendal, Jawa Tengah.

Berikutnya, jabatan Kapolres Kendal yang ditinggalkan Ali akan diisi AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo yang sebelumnya menjabat Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah. Posisi yang ditinggalkan Raphael akan diisi AKBP Yuswanto Ardi yang sebelumnya menjabat Kasatlantas Polrestabes Semarang Polda Jateng.(Fer)

BERITA TERKAIT