test

Kesehatan

Selasa, 25 Agustus 2020 14:20 WIB

Begini Kata Dokter Reisa, Agar Rapat di Kantor Bebas Corona

Editor: Ferro Maulana

Rapat di kantor. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Sebagai Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan pentingnya menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 di perkantoran. Menurutnya, ada tiga kesalahan yang kerap terjadi di perkantoran.

Reisa mengatakan, hal pertama yang paling umum yaitu saat mengobrol dengan rekan kerja tidak memakai masker. "Karena rekan kerja yang setiap hari bertemu, jadi merasa oh persahabatannya dekat ya, maka saat mengobrol (dalam rapat, red) merasa tak perlu pakai masker," ujar Reisa, di saluran YouTube BNPB, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

"Sehingga saat berada di tengah banyak orang, apalagi di ruangan tertutup harus tetap pakai masker. Fungsi masker yakni menahan droplets supaya tidak menyebar ke orang lain," imbaunya.

Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto : PMJ/dok BNPB).

Lanjutnya, kesalahan kedua yaitu pelaksanaan rapat yang masih dilengkapi suguhan makanan dan minuman. Suguhan itu diletakkan di tengah meja rapat. "Semua peserta makan bersama, tangan memegang makanan atau minuman sambil mengobrol," ungkapnya.

Kesalahan ketiga, kata Reisa, pada saat rapat orang yang berbicara atau melakukan persentasi justru membuka masker. Penyebabnya yaitu, khawatir bila komunikasi yang disampaikan terhambat atau informasi yang disampaikan kurang jelas.

"Kembali lagi kita ingatkan, penularan ini kan dari droplets yang keluar dari mulut kita," sambungnya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar Terhindar dari Covid-19

Masih dari penuturannya, dalam melaksanakan rapat di kantor, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari penyebaran Covid-19, sebagai berikut:

Pertama, menggelar rapat di ruangan yang memastikan bisa untuk menjaga jarak.

Kedua, pastikan semua anggota rapat dalam kondisi sehat, dan lakukan prosedur standar seperti mencuci tangan dan menggunakan masker.

Ketiga, hindari penyediaan makanan dan minuman agar tidak perlu melepas masker.

Keempat, cek ventilasi dan udara di ruangan, kalau menggunakan kipas angin agar tidak mengarah ke peserta rapat.

Kelima, pelaksanaan rapat maksimal 30 menit. Kalau perlu lebih panjang, bisa dibagi dan diberi jarak agar ruangan bisa disterilkan lebih dulu.

Keenam, gunakan kemajuan teknologi dengan rapat secara virtual.(Fer)

BERITA TERKAIT