test

Kesehatan

Rabu, 1 Mei 2024 12:36 WIB

Wajib Tau, Ini Lima Manfaat Minum Rebusan Kayu Manis

Editor: Hadi Ismanto

Rebusan kayu manis bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Kayu Manis atau cinnamon memiliki aroma khas yang bisa membuat masakan kamu beraroma wangi dan menggugah selera. Tapi tahukah kamu, salah satu varian bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat kesehatan.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2024), berikut sederet manfaat minum air rebusan kayu manis untuk kesehatan:

1. Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
Kandungan Cinnamaldehyde pada kayu manis mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat meningkatkan fungsi normal jantung.

Anda harus mengonsumsi setidaknya 1,5 gram atau sekitar ¾ sendok teh kayu manis setiap hari mampu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat dalam tubuh. Pernyataan tersebut berdasarkan Studi dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

2. Mengatasi Kista Ovarium
Penyakit ini merupakan gangguan hormonal yang menyebabkan tumbuhnya kista kecil pada bagian luar ovarium yang tengah mengalami pembengkakan.

Anda bisa mengonsumsi minuman sehat ini untuk mengurangi ukuran kista. Air rebusan kayu manis ini juga membantu membuat siklus menstruasi lebih teratur.

3. Baik untuk Pengidap Diabetes
Air rebusan kayu manis juga bermanfaat bagi pengidap diabetes. Hal itu disebabkan oleh kandungan air rebusan kayu manis yang dapat mengurangi resistensi insulin dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sehingga, kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik. Jadi, bagi kamu penderita diabetes manfaatkan lah air rebusan rempah ini.

4. Mengatasi Luka Kronis
Manfaat air rebusan kayu manis yang pertama yaitu dapat mengatasi luka kronis. Senyawa antimikroba dalam minuman sehat ini efektif membantu mengatasi luka kronis.

Untuk mendapatkan manfaatnya campurkan air rebusan kayu manis dengan peppermint. Gabungan keduanya mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mencegah Multiple Sclerosis
Kayu manis mengandung sifat antiinflamasi yang bisa menurunkan intensitas gangguan Multiple sclerosis. Multiple sclerosis merupakan penyakit yang berpotensi melumpuhkan sistem saraf pusat, otak, dan sumsum tulang belakang manusia.

Dengan air rebusan kayu manis dapat menurunkan tingkat keparahan dari penyakit ini.

BERITA TERKAIT