test

Hukrim

Kamis, 28 Mei 2020 11:08 WIB

Galang Donasi Covid-19 Melalui Akun FB Palsu Kapolres, Pelaku Akhirnya Diciduk Polisi

Editor: Ferro Maulana

Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro. (Foto: Dok Net/ IST)

PMJ – Media sosial Facebook palsu yang dibikin untuk penggalangan donasi virus corona (Covid-19). Akun FB palsu itu mencatut nama dan foto Kapolres Tanjungabung Barat AKBP Guntur Saputro.

Setelah pelaku diamankan, Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro memberikan maaf kepada pelaku berinisial HB tersebut. Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, banyaknya kegiatan Polres Tanjab Barat yang sering membagikan bantuan dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat sehingga pelaku nekat memanfaatkan situasi dengan membuat akun Facebook mengatasnamakan dirinya.

"Modus pelaku, dengan meminta sumbangan atau penggalangan dana kepada warga untuk penanggulangan Covid-19 di Tanjab Barat," tutur Guntur saat dikonfirmasi.

Meski begitu, semua permasalahan yang ada ini mampu terselesaikan secara kekeluargaan. Namun demikian, penyelesaian ini agar kiranya dapat memberikan efek jera kepada pelaku.

“Kepada pelaku, kita minta agar meminta maaf secara terbuka di depan umum melalui media sosial dan media massa sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat," ujarnya menegaskan.

Pelaku Menyesal

Sementara, pelaku HB mengaku, dirinya nekat membuat akun FB palsu itu lantaran termotivasi melihat aktifnya Kapolres Tanjab Barat dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat.

Selain itu, karena pelaku terdesak masalah hutang, sehingga dirinya nekat membuat akun FB palsu tersebut dengan modus meminta sumbangan atau penggalangan dana kepada warga untuk penanggulangan Covid-19.

“Perbuatan ini baru pertama kali saya lakukan. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat khususnya Kapolres Tanjab Barat dan keluarga besar Polres Tanjab Barat. Saya sangat menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali,” pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT