test

News

Jumat, 6 September 2024 14:05 WIB

Mensos Risma Mundur dari Kabinet, Jokowi Sudah Setujui

Editor: Fitriawan Ginting

Presiden Jokowi memberikan sambutan saat acara Gala Dinner Indonesia-Africa Forum 2024 di Bali. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Mundurnya Risma usai dirinya resmi untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024. Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Risma sebagai Mensos.

"Sudah, sudah mengajukan pengunduran diri dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya," kata Jokowi saat berada di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Diketahui, Risma sendiri telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Sosial (Mensos), usai mendaftar Pilkada Jatim ke KPU.

"Saya akan besok Insyaallah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri," kata Risma di Surabaya, Kamis (29/8/2024).

"Tapi memang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak," lanjut Risma.

Ia mengaku, akan menemui Jokowi untuk menyampaikan langsung niat pengunduran dirinya. Sebab, sebelum dia ditunjuk sebagai Mensos dulu, ia juga lebih dulu berjumpa dengan kepala negara.

"Tapi saya besok akan ngadep beliaunya karena dulu saya jadi menteri juga dipanggil, saya juga akan menghadap beliaunya untuk menyerahkan pengunduran diri saya," ucap Risma saat itu.

BERITA TERKAIT