test

News

Kamis, 16 Mei 2024 15:05 WIB

Seluruh Layanan jemaah Haji di Arab Saudi Dipastikan Sudah Siap

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat berbincang dengan calon jemaah haji Indonesia. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Seluruh layanan untuk jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi dipastikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sudah siap. Termasuk juga mengenai penginapan dan akomodasi. Dikatakannya, tidak ada kendala terkait pelayanan haji di Arab Saudi.

"Siap, Insya Allah sudah siap. Saya sudah cek ke sana semua layanan diperuntukkan jemaah Insya Allah sudah siap semua. (Penginapan dan akomodasi) sudah, Alhamdulillah sudah," kata Yaqut Cholil di Jakarta, Rabu 16 Mei 2024.

“Insya allah (semua lancar). Mudah-mudahan doakan saja lancar," lanjutnya.

Ditambahkan Yaqut, pihaknya mengingatkan agar jemaah untuk terus menjaga kesehatan selama melakukan ibadah haji di Arab Saudi. Yaqut memastikan jemaah sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat haji.

"Sudah (ada himbauan) sebelum mereka jemaah ini melunasi sudah ada pemeriksaan kesehatan yang kita sebut dengan mekanisme institusi kesehatan. Dinyatakan siap baru mereka melakukan pelunasan," jelasnya.

"Soal sakit enggak bisa diminta, juga enggak bisa ditolak. Siapa saja bisa sakit, bisa kena," urainya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya telah melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Minggu (12/5/2024) dini hari. Yaqut berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya. Menag berharap jemaah fokus untuk beribadah haji.

"Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci," kata Yaqut dalam keterangannya, Minggu (12/5/2024).

BERITA TERKAIT