test

News

Senin, 15 April 2024 13:09 WIB

Angkasa Pura Sudah Siap Hadapi Puncak Arus Balik yang Diperkirakan Hari Ini

Editor: Fitriawan Ginting

Penumpang pesawat terbang di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: PMJ News/Polres Bandara Soetta)

PMJ NEWS - Puncak arus balik diperkirakan terjadi hari ini, Senin (15/4/2024). PT Angkasa Pura II (AP II) sudah menyiapkan diri untuk menghadapinya. Diperkirakan jumlah pergerakan penumpang dapat mencapai sekitar 330 ribu orang di 20 bandara secara kumulatif pada awal pekan ini.

Adapun penumpang yang terbanyak ada di Bandara Soekarno-Hatta yang diprediksi mencapai 190.000 orang. Hal ini dikutip dari Antara, Senin (15/4/2024).

Disampaikan Vice President of Corporate Communication AP II, Cin, rencana operasi telah disiapkan di seluruh bandara AP II untuk memastikan kelancaran operasional bandara, operasional penerbangan serta pelayanan kepada penumpang pesawat. Ia mengatakan, kolaborasi dan koordinasi di antara stakeholder dilakukan semakin erat untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan bagi penumpang pesawat.

"Seluruh bandara AP II bersiap pada arus balik ini yang akan mencapai puncaknya pada 15 April. Kami siap mengantar dan menyambut kedatangan pemudik di kota tempat mereka beraktivitas sehari-hari," kata Cin melalui keterangan resminya.

Bandara AP II juga fokus pada sejumlah titik penting di aspek operasional dan aspek pelayanan. Pada aspek operasional terdapat empat titik penting yang menjadi fokus bandara AP II terdiri atas dua titik penting di sisi darat (land side) dan dua titik penting di sisi udara (air side).

Di sisi darat, dua titik penting antara lain kelancaran akses kendaraan bermotor menuju terminal penumpang pesawat dan ketersediaan transportasi publik bagi penumpang dari bandara menuju tempat tinggal.

"Pada area keberangkatan, akses masuk ke terminal harus dipastikan lancar dan kendaraan pengantar penumpang harus mengikuti ketentuan yang ada, maksimal menurunkan penumpang di-curb side adalah tiga menit.

Di sisi lain, pada area kedatangan juga harus dipastikan ketersediaan transportasi publik bagi penumpang agar memudahkan penumpang untuk cepat menuju tempat tinggal," pungkas Cin.

BERITA TERKAIT