test

News

Jumat, 12 April 2024 22:01 WIB

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada 15 April 2024

Editor: Hadi Ismanto

Kendaraan pemudik yang memasuki ruas tol. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub)

PMJ NEWS - PT Jasa Marga memperkirakan puncak arus balik lebaran 2024 terjadi 13-15 April mendatang. Diprediksi para pemudik akan kembali bersamaan, sehingga volume kendaraan akan meningkat.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan realisasi volume lalu lintas mudik/keluar Jakarta pada periode Lebaran H-7 hingga H1 (3 April sampai dengan 11 April 2024) mencapai 1,5 juta kendaraan

Menurut Subakti, angka tersebut tercatat dari empat Gerbang Tol (GT) Utama di antaranya GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

"Nantinya total lalu lintas yang mudik ini akan kembali bersama-sama menuju Jabotabek dalam waktu yang cukup singkat pada periode arus balik yang diprediksi akan terjadi puncaknya pada hari Senin, 15 April 2024," jelas ungkap Subakti dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024)..

Sebelumnya, PT Jasa Marga mengimbau masyarakat kembali ke Jabotabek sebelum puncak arus balik. Hal ini untuk menghindari macet horor saat perjalanan pulang.

Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah antisipasi pelayanan arus balik berdasarkan hasil evaluasi. Tidak hanya pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi, pelayanan preservasi, atau pelayanan rest area, namun juga meningkatkan pelayanan berbasis teknologi.

"Untuk memantau volume lalu lintas serta kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh jalan tol, Jasa Marga menggunakan teknologi Traffic Counting berbasis radar dan CCTV Analytic berbasis Artificial Intelligence (AI)," tukasnya.

BERITA TERKAIT