test

News

Jumat, 12 April 2024 12:39 WIB

Catat, One Way dan Contraflow Arus Balik Lebaran Siang Ini Ditunda

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengumumkan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow belum akan diterapkan pada Jumat (12/4/2024) siang. Alasannya, belum terjadi kepadatan kendaraan di ruas ruas Tol Trans Jawa.

Hal itu disampaikan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. Menurut dia, angka traffic counting kendaraan per siang ini masih di bawah parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas.

"Setelah kami evaluasi, kami menghitung beberapa traffic counting yang ada sebagai parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas. Mulai dari timur arah dari Surabaya, kemudian Solo, Jogja ini ada traffic counting di KM 415, ini angkanya masih 1.178 rata-rata tiga jam. Artinya ini masih di bawah parameter yang ada di 2.800 per jamnya," kata Aan kepada wartawan.

"Kemudian kita lihat juga traffic counting di Kalikangkung di Km 414 ini juga angkanya masih 1.220, parameternya adalah 2.800. Jadi secara keseluruhan masih berada di bawah parameter sampai tadi jam 10.00 WIB," sambungnya.

Oleh karena itu, Aan menjelaskan pihaknya memutuskan menunda one way siang ini. Dia menyebut meskipun terdapat tren kenaikan jumlah kendaraan, tapi belum signifikan.

"Trennya memang ada kenaikan di masing-masing traffic counting kita, namun ini masih belum signifikan. Jadi kami memutuskan untuk one way dari Km 414 ke 72 sesuai jadwal jam 14.00 WIB ini sementara kami tidak laksanakan," tukasnya.

Sama halnya dengan penerapan skema lawan arah atau contraflow. Aan menyebut berdasarkan pemantauan pihaknya angka traffic counting dari Km 71 Tol Jakarta-Cikampek pun masih landai.

Di sisi lain, soal aturan ganjil-genap, Aan mengungkapkan juga akan diberlakukan setelah one way diterapkan.

"(Penerapan gage) tetap berlaku, paralel dengan pelaksanaan rekayasa lalu lintas dari Km 414 sampai dengan Km 0. Belum (diterapkan), nanti kan kameranya ada di Kalikangkung kita pasang di situ," tukasnya.

BERITA TERKAIT