test

News

Jumat, 5 April 2024 16:06 WIB

Kolaborasi KNKT dan Stakeholder Terkait Cegah Kemacetan Jalur Selatan

Editor: Fitriawan Ginting

Kolaborasi KNKT dan Stakeholder Terkait Cegah Kemacetan Jalur Selatan. (Foto; PMJ/Ist).

PMJ NEWS -  KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi ) bersama Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub dan Polres Garut melakukan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di kawasan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Berbagai upaya dilakukan di ruas jalan nasional kawasan Limbangan yang diprediksi menjadi titik lokasi rawan macet pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah Garut. Hal itu terungkap dalam pertemuan antara KNKT dengan kedua pihak di Posko Mudik Garut, pada Kamis,(4/4/2024) kemarin.

Dipimpin langsung Ketua KNKT,KNKT mengadakan tinjauan arus mudik jalur Selatan. Kegiatan peninjauan Investigator Lalulintas Angkutan Darat KNKT yakni Kusnedy Soeharjo dan Suci Hakiman. Sebelum mengunjungi sejumlah posko mudik di Posko Nagred Garut, KNKT juga meninjau kesiapan sejumlah rest area dna memasang stiker di Rest Area 72 dimana stiker yang ditempel itu berupa peringatan kepada pemudik untuk memperhatikan tekanan angin ban untuk menghindari pecah ban.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menuturkan jalan nasional di kawasan Limbangan dan Malangbong diprediksi menjadi titik rawan kemacetan pada masa mudik dan balik Lebaran 2024 berdasarkan hasil pengecekan dan pemetaan jalur yang dilakukan jajarannya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Garut.

KNKT juga  melakukan koordinasi terkait penyiapan  sejumlah pos yakni satu Pos Pengamanan Terpadu di Limbangan, kemudian Pos Pengamanan Kadungora, Pos Pelayanan di Terminal Guntur Tipe A, selanjutnya 10 pos pelayanan di tempat wisata.

"10 pos di objek wisata yang sedang disiapkan dari sekarang, dan tanggal 4 (April) kita sudah bisa pergunakan," kata Soerjanto Tjahjono.

"Upaya ini  juga perlu dilakukan di kawasan jalur Kadungora, perkotaan, dan objek wisata yang seringkali menjadi tujuan masyarakat untuk berwisata saat libur Lebaran,mengingat kemacetan di titik-titik ini juga berdampak pada jalur mudik," urainya.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha  menambahkan Kepolisian Resor Garut memaksimalkan pengamanan jalur mudik dengan melakukan berbagai strategi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur nasional yakni mulai dari perbatasan Nagreg, Kabupaten Bandung kemudian Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Untuk jalur nasional ini kita prioritas mulai dari arah Limbangan dari arah Nagreg menuju Malangbong ini merupakan jalur nasional, tentunya kita akan maksimalkan," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha.

BERITA TERKAIT