test

News

Kamis, 4 April 2024 17:40 WIB

Ditlantas Polda Metro Siapkan Strategi Urai Kemacetan Saat Arus Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Doni Hermawan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengungkap sejumlah strategi untuk mengurai kemacetan saat puncak arus mudik Lebaran 2024, yang diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Doni Hermawan mengatakan strategi yang disiapkan di antaranya contraflow di KM 36- KM 72 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan dilanjutkan skema oneway setelah KM 72 mengarah ke Timur.

"Kami juga sudah melaksanakan, mempersiapkan strategi-strategi dalam rekayasa lalin. Pertama melaksanakan contraflow di KM 36 sampai dengan KM 72," ujar Doni Hermawan kepada wartawan, Kamis (4/4/2024).

"Lalu dari KM 72 sampai dengan ke arah timur itu juga dilaksanakan kegiatan oneway yang sudah terjadwal, dari mulai nanti hari Jumat, 5 April 2024 mulai 14.00 WIB," sambungnya.

Selain itu, lanjut Doni, pihaknya juga akan memberlakukan ganjil-genap saat arus mudik lebaran 2024. Hal ini sebagai upaya menekan kepadatan arus lalu lintas. Diaa mengimbau pemudik menyesuaikan tanggal keberangkatannya sesuai plat nomor kendaraan.

"Kemudian juga strategi yang tentunya pelaksanaan ganjil-genap, yang sudah disampaikan agar masyarakat bisa memilih perjalanan mudik sesuai dengan tanggal berdasarkan nomor kendaraan, sehingga nanti tidak ada masyarakat yang menumpuk dalam satu waktu," tuturnya.

Doni juga mengimbau agar masyarakat berangkat mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju arah Timur.

"Imbauan ke masyarakat agar bisa mengawali perjalanan mudik yang memang sudah tidak ada aktivitas, tidak ada kegiatan bisa mengawali perjalanan mudik lebih awal, sehingga tidak menumpuk," tukasnya.

BERITA TERKAIT