test

News

Senin, 1 April 2024 13:08 WIB

Waspada Pencurian Rumah Kosong Ditinggal Mudik, Ini Perintah Kapolda Metro

Editor: Fitriawan Ginting

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto beri arahan. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS -  Perlindungan dan pemberian keamanan kepada warga terkait rumah kosong yang ditinggal mudik wajib untuk diwaspadai tindak pidana yang mungkin saja terjadi. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto meminta jajaran menegaskan agar anggotanya terus waspada dan memberi keamanan kepada warga.

"Beberapa potensi keamanan atau gangguan Kamtibmas yang perlu menjadi perhatian kita dalam pelayanan hari Raya hal ini diantaranya pencurian dengan pemberatan terjadi pada malam hari, pencurian rumah kosong, copet, jambret dan lain lain," kata Karyoto, Senin (1/4/2024).

Ia menambahkan, operasi ketupat Jaya 2024 fokus pada kelancaran lalu lintas arus mudik maupun arus balik dan keselamatan para penggunanya. Ia juga meminta anggotanya fokus untuk mengamankan bandara, terminal, pelabuhan, stasiun, rumah kosong yang ditinggalkan pemudik, pusat-pusat perbelanjaan dan perbankan. Di samping itu, kepadatan di lokasi wisata pasca lebaran.

"Tentunya hal yang sedikit saya singgung adalah bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang kesiapan," tegasnya.

Disampaikan Karyoto, diperlukan komitmen, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang baik, diantara seluruh pemangku kepentingan guna menyikapi kerawanan yang terjadi selama musim mudik lebaran 2024.

Menurut Karyoto, alasan dilaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral ini agar dapat menyamakan persepsi dan tujuan, baik secara taktis maupun teknis dalam penyelenggaraan operasi ketupat jaya 2024.

"Sehingga masyarakat dapat terayomi dan terlayani dengan baik demi terwujudnya kondisi Kamtibmas sebagaimana yang kita harapkan," tandasnya.

BERITA TERKAIT