test

News

Sabtu, 30 Maret 2024 20:08 WIB

Ditlantas Polda Metro Siapkan Sistem One Way Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Editor: Hadi Ismanto

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman beri keterangan. (Foto: PMJ/NTMC Polri).

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan skema one way saat arus mudik lebaran 2024. Rekayasa lalu lintas ini nantinya akan diberlakukan kepada pemudik maupun pengguna jalan yang menuju ke Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan untuk rencana one way atau sistem satu arah akan mulai diberlakukan pada 5 April 2024 sekitar pukul 00.00 WIB.

"Nanti akan saya sosialisasikan lagi, sehingga masyarakat tidak kecele kapan yang bisa masuk jalur tol. Dan nanti pasti ada pintu tol yang khususnya arah timur masuk ke Jakarta pasti ada pengalihan di arteri," ungkap Latif Usman kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

"Khususnya yang akan terdampak Jawa Tengah, Jawa Barat yang akan ke Jakarta. Untuk mengetahui kapan waktunya (one way) dan kembalinya pun akan ada one way juga untuk arus baliknya," sambungnya.

Selain itu, lanjut Latif, untuk Jalan Tol ke arah Merak dan Banten juga akan dilakukan koordinasi oleh pihaknya dengan petugas setempat. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan.

"Khususnya ke arah Merak, nanti kita akan membantu dari Banten untuk mengatur istilahnya pengaturan arus di Merak, Banten untuk tidak terjadi penumpukan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Latif juga mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi maupun untuk para sopir angkutan umum agar memperhatikan kelaikan kendaraan.

"Harus cek betul rem, ban, spion, sein, apa paun harus disiapkan lebih awal. Kalau roda empat adalah tol yang menjadi utama, jalur timur cikampek, informasi khususnya jalur Semper Cibitung, Cibitung Cimanggis sudah dibuka," terangnya.

"Dan nanti juga kalau itu bisa kita gunakan berarti akan mengurangi beban yang ada di Cikunir, khususnya dari Depok, dari Bogor, lewatnya bisa langsun dari Cimanggis, lalu Cibitung," imbuhnya.

BERITA TERKAIT