test

News

Senin, 25 Maret 2024 22:01 WIB

Kapolri Ungkap Bakal Evaluasi Buffer Zone Menurut Pelabuhan Merak

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rencana evaluasi terhadap buffer zone atau zona penyangga yang mengarah ke Pelabuhan Merak menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Menurut Sigit, evaluasi buffer zone itu dilakukan untuk mengatasi kepadatan kendaraan dan kemacetan panjang yang sering terjadi di kawasan tersebut.

"Kita juga mengevaluasi buffer zone, khususnya yang akan masuk ke wilayah penyeberangan arah Merak," ujar Sigit usai Rakor Lintas sektoral terkait kesiapan penyelenggaraan mudik-balik Lebaran dan Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/3/2024).

"Karena ini biasanya potensi terjadi kepadatan sehingga masyarakat mau tidak mau harus menunggu beberapa jam untuk masuk Merak," sambungnya.

Sigit juga mengatakan, evaluasi juga akan dilakukan pada buffer zone yang mengarah ke arah sebaliknya, serta pada jalur Ketapang-Gilimanuk dan sebaliknya. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik tahun ini.

"Pemudik 2024 mengalami peningkatan kurang lebih mencapai 56 persen. Sebagai bentuk pengamanan lalu lintas, Polri melakukan pemetaan jalan-jalan rusak hingga rawan terjadi kecelakaan," tuturnya.

BERITA TERKAIT